BeritaDaerah

Seleksi ALB INI Pengda Surabaya, Pintu Gerbang Pertama Menjadi Notaris

Bagikan Ke

Surabaya, halonotariat.id – Pintu Gerbang Pertama yang wajib dilalui para lulusan S2 Kenotariatan (M.Kn) untuk meraih Jabatan Notaris adalah lulus Seleksi ALB, yang terlebih dahulu menjadi Anggota Luar Biasa (ALB) Ikatan Notaris Indonesia (INI). Dalam kesempatan ini, Senin (30/5/2022), Pengda Surabaya INI menyelenggarakan Seleksi ALB di Novotel Surabaya berdasarkan petunjuk Pengwil Jatim INI.

Justiana, SH., selaku ketua Pengda Surabaya INI, dalam sambutannya menyampaikan, “seleksi ALB ini pintu gerbang pertama yang harus dilalui sebelum menjadi Notaris”.

Dirinya berharap agar para peserta mulai membangun kesiapan mental dan menanyakan kepada diri sendiri, apakah benar profesi Notaris ini yang menjadi pilihan?.

Ketua pengda Surabaya dan Ketua Pengwil Jatim INI bersama Peserta Seleksi ALB

Karena menurutnya pada saat sudah diangkat menjadi Notaris secara legalitas dan sudah bisa berpraktek, maka rasa kecintaan terhadap profesi itu tidak hanya sekedar mencari uang. Tetapi ada kecintaan yang sangat mendalam bahwa profesi ini adalah profesi yang sangat menjunjung tinggi kepercayaan, harkat dan martabatnya.

Kelihatannya berat dan itu memang berat, lanjutnya, bahwa berpikiran memilih sebagai Notaris hanya untuk menjadi kaya atau untuk mencari uang agar kaya itu salah!. Karena setiap yang di sah kan Notaris itu menyangkut tanggung jawab yang sangat besar, menyangkut kepentingan para pihak yang tidak hanya semasa hidup, bahkan sampai meninggal pun jika akta yang dibuat bermasalah, maka para pihak didalam akta bisa saja dipanggil polisi atau digugat.

Panitia bersama Peserta Seleksi ALB

Hingga hari ini, dirinyapun mengakui masih terus belajar bagaimana bertanggung jawab terhadap profesi agar ikut menjadi bagian yang tetap menjaga kejayaan Profesi. Dan yang paling penting menurutnya menjadi profesi yang dipercaya dan amanah.

Selain itu, dirinyapun berharap kelak para peserta jika sudah menjadi Notaris, bisa ikut berperan aktif di dalam kegiatan organisasi. Tidak hanya mencari uang masuk kantong langsung pulang, tapi punya keperdulian. Juga memiliki tanggung jawab dan terus belajar mengikuti perkembangan hukum, belajar tentang apa yang terjadi di masyarakat.

Baca Lainnya:  Bakti Sosial "Satu Cinta INI - IPPAT Badung" Untuk Kemanusiaan
Ketuwil Jatim INI membuka resmi Acara di dampingi Ketua Pengda Surabaya dan Panpel

Dikesempatan yang sama, Ketua Pengwil Jatim INI, Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH.,menceritakan masih panjang perjalanannyaPeserta menjadi Notaris saat ini. Tidak hanya berhenti di tahapan ini saja, karena setelah lulus seleksi ALB, harus mendaftarkan menjadi ALB melalui laman atau webnya www.ini.id

Setelah menjadi ALB INI, peserta sudah mempunyai hak dan kewajiban yang hampir sama dengan Notaris sebagai anggota biasa. Yang membedakan adalah tidak mempunyai hak suara untuk memilih dan dipilih ketua. Selebihnya punya tanggung jawab aktif dalam kegiatan organisasi. Termasuk di dalamnya mengumpulkan 18 poin sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Kode Etik Notaris (UKEN) dan Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris (PPKJN) hingga menjadi Notaris.

Seleksi ALB ini, dijelaskannya, sudah diatur di dalam suatu aturan perkumpulan no.14 tahun 2018 yang menetapkan syarat sudah lulus dengan memakai ijazah, tidak boleh surat keterangan lulus. Dan Ijasah ini harus dilegalisir oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah M.Kn. Karena sudah pernah ada temuan ijasah tidak teregister Dikti oleh tim Verifikasi PP INI ketika akan masuk UKEN dan PPKJN.

Ketua panpel, Pengda Surabaya dan Pemateri, Gatot Triwaluyo beserta moderator

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel), Widio Rahardjo, SH., mengatakan total peserta yang terdaftar sebanyak 50 peserta, namun ada beberapa yang tidak lolos verifikasi dan kesehatan, sehingga hanya 48 peserta saja yang dapat mengikuti Seleksi ALB ini.

Pembekalan materi Magang, AD/ART, Kode etik Notaris dan Peraturan Perkumpulan di sampaikan oleh Gatot Tri Waluyo, SH., dan Dwi Rossulliati, SH. Yang selanjutnya dilakukan tes tulis selama 2 jam serta ujian lisan yang diuji satu per satu dalam satu ruang oleh 7 penguji yang berkompeten berprofesi Notaris dan aktif dalam keorganisasian INI.

Penguji Ujian Lisan Seleksi ALB

Lebih lanjut Widio mengatakan, setelah hasil Ujian dikoreksi, selama 2 minggu, maka para peserta akan menerima Surat Keterangan Lulus yang akan di umumkan melalui group WA dan dapat di ambil di Kantor Sekertariat INI jalan Mawar 44 Surabaya. (DN/AF)

error: Dilarang Copas !!