BeritaWilayah

Semangat Hari Kartini INI dan IPPAT Pengwil Jatim di Rutan Perempuan Surabaya

Jajaran Pengurus INI-IPPAT Jatim dan Warga Binaan Rutan Perempuan

Bagikan Ke

Jawa Timur, halonotariat.id – Perayaan Hari Kartini dibulan suci Ramadhan ini (21/4/2022) dilakukan Pengwil INI dan IPPAT Jawa Timur dengan berkunjung dan berbagi di Rumah tahanan (Rutan) kelas IIA Surabaya Kanwil Kemenkumham Jawa Timur yang berlokasi di Porong Sidoarjo.

Ketua INI Pengwil Jatim, Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH., mengatakan,” INI sudah kali ketiga di bulan  April memperingati hari kartini disini”.

Dimana yang diketahui sebelumnya jumlah warga binaan lebih banyak, yaitu 138 orang. Akan tetapi hari ini tinggal 128 orang. Itu menurutnya, menandakan bahwa penurunan ini adalah suatu kondisi yang jauh lebih baik.

Jajaran Pengurus Rutan Perempuan dan Pengwil Jatim INI-IPPAT

Artinya banyak wanita-wanita Indonesia disini menjadi tempat menimba ilmu pendidikan, belajar tentang kehidupan, setelah itu menjadi insan yang lebih baik, menjadi wanita-wanita yang hebat, menjadi Ibu Rumah Tangga yang disayangi oleh suami dan anak-anak.

“Terus semangat dan jangan lupa selalu berdo’a di bulan Ramadhan yang benar-benar bulan maghfiroh, bulan pengampunan dan tentunya jemputlah masa depan. Sehingga setelah keluar dari sini punya masa depan yang baik dan marilah kita semuanya bersama-sama bergandengan tangan untuk menjemput masa depan yang terang seperti semboyan R.A Kartini  habis gelap terbitlah terang”, ucapnya.

Kepala Rutan Perempuan diapit Ketuwil INI dan IPPAT Jatim beserta Jajaran Pengurus Rutan

Disampaikan juga oleh Ketua IPPAT Pengwil Jatim, Dr. Isy Karimah Syakir, SH., MKn., MH., dimana hari ini bertepatan dengan hari kartini 21 April 2022 sekaligus pada bulan ramadhan, bulan yang penuh berkah, bulan maghfiroh dan bulan penuh ampunan.

Untuk itu dirinya menghimbau kepada para warga binaan agar di bulan ramadhan ini sering-sering meminta maaf kepada Allah, karena di bulan ini adalah bulan terbaik untuk pemantapan diri yang tentunya sebagai manusia biasa pasti banyak melakukan kesalahan.

Baca Lainnya:  Akses Layanan Pertanahan Lebih Mudah dengan Aplikasi Sentuh Tanahku

Ditambahkannya, ini semua adalah hikmah yang bisa diambil, sehingga setelah keluar dari sini akan dapat menambah kebaikan, menambah manfaat sehingga berguna untuk diri sendiri, keluarga dan bahkan orang lain serta bangsa dan negara.

Bingkisan untuk warga binaan Rutan Perempuan dari INI dan IPPAT Jatim

Sedangkan Kepala Rutan Perempuan kelas IIA Surabaya Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Amiek Diyah Ambarwati, Bc.IP., SH., menyampaikan bahwa Rutan ini semuanya perempuan, walaupun sekarang ini mereka untuk sementara waktu masih harus tinggal, tetapi semangat kartini tetap menyala.

Kedatangan Notaris/PPAT Jawa Timur di rutan perempuan ini diakuinya sebagai penghibur di hati, sebagai pemberi semangat yang sama-sama seorang ibu, sama-sama seorang wanita yang mempunyai anak dan suami, tetapi harus berjauhan.

Diharapkannya juga bisa memberi motivasi walaupun di balik penjara masih bisa berkarya untuk bangsa. Seperti semboyan R.A Kartini, habis gelap terbitlah terang. Setelah penderitaan ini Insyaallah akan hadir kebahagiaan.

Bersama Para Pemenang Lomba Puisi dan Bernyanyi Warga Rutan

Selain kegiatan berbagi, juga dilaksanakan kegiatan tauziah, lomba puisi dan bernyanyi dengan peserta para warga binaan di Rutan perempuan. Semua bergembira dan mendapatkan bingkisan, selain hadiah-hadiah yang diberikan kepada para pemenang lomba. (DN/Red)

Bagikan Ke

error: Dilarang Copas !!