BeritaDaerah

INI dan IPPAT Pengda Lamongan Hadiri Launching E-BPHTB dan E-SPTPD

Diresmikan langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi

Bagikan Ke

Lamongan, halonotariat.id – INI dan IPPAT Pengda Lamongan menghadiri undangan launching digitalisasi pajak daerah E-BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) dan E-SPTPD (Surat Pemberitahuan Pajak Daerah) di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Kamis (9/6/2022).

Saat di konfirmasi (9/6/2022), ketua INI Pengda Lamongan, Ister Angelia, SH., MKn., mengatakan sangat bersyukur atas undangan dari pemerintah daerah dalam hal ini BAPENDA Lamongan, karena Notaris sudah diikut sertakan dalam pelaksanaan launching E-BPHTB.

Ister Angelia bersama Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi

Dengan demikian, lanjutnya, Notaris yang belum menjabat PPAT pun akhirnya bisa mendapatkan username dan password untuk mengakses digitalisasi pembayaran pajak tersebut.

Hal itu tentunya, sangat menunjang kemudahan dan kelancaran pekerjaan Notaris dalam melaksanakan tugasnya mengakomodir kebutuhan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Diakuinya, sebelum undangan tersebut, dirinya sempat menjelaskan kepada pihak BAPENDA akan peran Notaris dalam pembuatan akta yang berkelanjutan dengan pembayaran pajak. Sehingga penggunaan aplikasi secara digitalisasi ini, sangatlah penting bagi Notaris.

Selain memang lebih banyak tugas PPAT, tentu hal itu menurutnya juga dapat memberi kemudahan bagi Notaris dalam melakukan pembayaran pajak secara cepat, mudah dan tidak perlu antri diloket. Dimana melalui launching digitalisasi ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat dan efisiensi waktu bagi Notaris.

Jajaran Pengurus INI dan IPPAT Pengda Lamongan bersama Bupati Yuhronur Efendi

Ketua Pengda Lamongan INI dan ketua IPPAT Pengda Lamongan hadir beserta anggota dan pengurusnya menyaksikan langsung launching E-BPHTB dan E-SPTPD yang diresmikan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama dengan Direktur Konsumer Ritel & Usaha Syariah bank Jatim Arief Wicaksono, Kepala BAPENDA Lamongan Ahmad Farikh dan Kepala Kantah Lamongan Eko Jauhari.

Turut hadir juga perwakilan dari KPP Pratama, para Kepala Desa dan Camat-camat se-Kabupaten Lamongan yang menjadi peserta.

Baca Lainnya:  KUDA Pengwil Jatim INI di Banyuwangi Agenda Pembinaan dan Penguatan Kode Etik dan UUJN

Dari acara-acara itu, yang lebih penting lagi menurut Ister adalah memahami cara penggunaan aplikasi E-BPHTB. Mulai dari dibukanya laman website tampilan awal hingga sampai berhasilnya melakukan transaksi pembayaran yang semua itu menurutnya sangatlah cepat dan tidak perlu beranjak dari tempat kerja. Sebagaimana di contohkan oleh salah satu pengguna layanan tersebut.

Selain pemaparan aplikasi dalam prakteknya, setiap peserta yang hadir juga mendapatkan buku panduan tata cara penggunaannya. Sehingga bisa lebih memudahkan dalam mempraktekkannya sendiri setelah acara tersebut berakhir. (DN/red)

Bagikan Ke

error: Dilarang Copas !!