BeritaNasional

TF Sahhh!! Suksesor Yualita Pimpin Ketum PP INI 2023-2026

Bagikan Ke

Tangerang, halonotariat.id – Perhelatan Kongres ke-XXIV Ikatan Notaris Indonesia (INI) yang sempat tertunda 1 (satu) tahun lamanya, amanah Ketua Umum PP INI Periode 2023-2026 dipercayakan anggota Tri Firdaus Akbarsyah, S.H., M.H.

Berlokasi di Novotel Tangerang City Tangerang, Banten, Kongres ke-XXIV berlangsung pada 30-31 Agustus 2023. Penetapan tersebut ditetapkan I Wayan Muntra, S.H., selaku Ketua Presidium Kongres XXIV membacakan hasil perolehan suara pada pukul 22.00 WIB.

Dalam penetapan Presidium tersebut, diperoleh suara sebagai berikut, Tri Firdaus Akbarsyah memperoleh 1.383 suara, Ruli Iskandar 450 suara dan Otty Hari Chandra Ubayani 63 suara. Sedangkan dalam pemilihan Dewan Kehormatan Pusat (DKP) Yualita Widyadhari memperoleh suara terbanyak yakni 1.020 suara, Firdonald 478 suara, Alwesius 396 suara dan Hapendi Harahap 2 suara. Namun, keempatnya tetap didaulat sebagai Anggota DKP periode 2023-2026.

Tri Firdaus Menyampaikan pidato kemenangannya

Usai ditetapkan sebagai Ketua Umum PP INI terpilih Tri Firdaus Akbarsyah menyampaikan pidato kemenangan, menyampaikan, “Dengan dukungan seluruh rekan-rekan notaris, saya diamanahkan sebagai Ketua Umum PP INI Periode 2023-2026,” ujarnya.

Lanjut TF begitu dirinya akrab disapa menambahkan, “Saya juga mengucapkan kepada pendukung saya dan pendukung kandidat calon ketua umum lainnya yang telah bekerja selama satu tahun lebih. Khususnya kepada 3 Tim (Verifikasi, Pemilihan dan Pengawasan-red), yang telah bekerja selama satu tahun lebih”.

“Kongres INI ke-XXIV adalah terobosan baru dalam pemilihan ketua umum dan DKP pertama kali dilakukan organisasi besar notaris (INI) yang telah berusia 115 tahun. Ini adalah pilot project untuk memilih pemimpin dan pengurus yang baru untuk semua organisasi kedepannya,” jelasnya.

Dalam pidato kemenangan tersebut, TF menyampaikan bahwa kemenangannya sebagai ketua umum adalah kemenangan demokrasi organisasi INI. Dia terus berikhtiar agar persatuan notaris terus terikat dalam persaudaraan dan kebersamaan.

Baca Lainnya:  Banjir Anak Kali Lamong Meluap, Ormas KORAK Gresik Turun Beri Bantuan Korban

“Saya tidak dapat bekerja sendirian tanpa dukungan notaris di seluruh Indonesia, agar dalam menjalankan amanah sebagai Ketum PP INI dapat melayani, melindungi anggota demi kemajuan INI. Karena, kemenangan ini adalah juga tanggung jawab serta amanah untuk kita semua,” harapnya.

TF mengapresiasi kinerja semua pihak untuk mensukseskan Kongres INI ke-XXIV, dengan keterlibatan semua pihak tidak mungkin acara tersebut terlaksana. “Dengan dukungan dan kinerja semua pihak untuk terselenggaranya Pemilihan Ketua Umum PP INI dengan sistem i-voting yang jujur, adil, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan,” ucapnya menutup pidato kemenangannya yang disambut riuh anggota yang hadir di arena Kongres.

TF bersama para caketum lain, DKP dan Presidium Kongres XXIV INI

Dalam kesempatan berbeda usai penutupan Kongres, Ketua Umum PP INI Periode 2019-2022 Yualita Widyadhari, S.H., M.Kn., CIIB., yang didaulat anggota sebagai Ketua DKP INI menuturkan, “Terima kasih kepada anggota yang memilih saya sebagai Ketua DKP, hal itu sebagai penghargaan yang luar biasa,” ujarnya.

Dalam menjalankan jabatan notaris, imbuh Yualita, tidak terlepas dari kode etik, karenanya perlu ada penyesuaian. Oleh karena itu, kami akan merangkul DKW dan DKD untuk menyusun kode etik yang baru dengan perkembangan yang ada, termasuk nantinya dimasukkan dalam Perubahan UUJN.

“Misalnya permasalahan protokol notaris, banyak rekan yang pensiun bingung untuk memberikan tempat kepada notaris penerima protokol. Selain itu juga terkait daluarsa akta harus dipikirkan agar bisa dimasukkan dalam Perubahan UUJN mendatang,” paparnya.

“Dengan terpilihnya rekan TF sebagai suksesor saya, diharapkan dapat meneruskan program-program yang sudah bagus dan meningkatkan lagi agar supaya lebih dirasakan oleh anggota, manfaat dari organisasi,” tutur Yualita mengakhiri wawancara. (Andy NR)

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!