BeritaWilayah

Sosialisasikan Penyelenggaraan ADLG Award 2024

Bagikan Ke

Jatim, halonotariat.id – Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) bersama Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) menyosialisasikan penyelenggaraan penghargaan ASKOMPSI Digital Leadership Government (ADLG) Award Tahun 2024, secara daring melalui platform zoom, pada Kamis (21/3/2024).

Sosialiasi yang diikuti oleh Dinas Kominfo seluruh Indonesia tersebut, dibuka oleh perwakilan Dirjen Pembangunan Daerah Kemendagri, Ucup Hidayat. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan, bahwa sebelumnya Kemendagri telah memberi Surat Radiogram pada 11 Maret 2024, 500.83/1943/Pangda terkait penyelenggaraan ADLG Award Tahun 2024 ini. “Dan Alhamdulillah, sudah kami kirimkan juga melalui radiogram pada 19 Maret 2024, kepada seluruh pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota untuk pelaksanaan ADLGA Tahun 2024 ini,” tutur Ucup.

Ucup berharap, melalui sosialisasi ini semoga dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk banyak bertanya dan bertukar informasi mengenai ADLG Award 2024. “Atas nama pimpinan, kami merasa senang sekali bisa berpartisipasi dalam rangka suksesnya acara ADLG Award Tahun 2024 ini,” harap Ucup.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua ASKOMPSI, Muhammad Faisal, mengungkapkan, pelaksanaan ADLG Award Tahun 2024 ini adalah yang ketiga kalinya diadakan. Dijelaskannya, sosialisasi ADLG Award ini bertujuan supaya para peserta bisa lebih memahami lebih dalam ADLG Award, dan partisipasinya semakin meningkat.

“Salah satu tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah membantu mempercepat transformasi digital di daerah. Hal tersebut merujuk pada Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE, kemudian yang terbaru SE Kemendagri tentang percepatan transformasi digital dan layanan digital di daerah. Mudah-mudahan pelaksanaan ADLGA tahun 2024 ini menjadi faktor penting untuk mendukung keinginan presiden mempercepat proses digitalisasi,” ungkap Faisal.

Mengingat penghargaan ADLG Award ini merupakan ajang untuk para Seretaris Daerah (Sekda) baik tingkat provinsi maupun Kabupaten/Kota, Faisal menerangkan, ajang ADLG Award ini, tidak dimaksudkan untuk menilai atasannya yakni para Sekda.

Baca Lainnya:  Malam Live Concert Music Spektakuler Notaria Fest 2022 Jatim, Penutup Puncak Perayaan HUT INI ke-114

“Kami hanya membantu dan memfasilitasi dalam penyelenggaraan ajang penghargaan ini saja. Karena kegiatan ini juga didukung sepenuhnya oleh Kemendagri, tentu saja akan kami laporkan kepada Kemendagri. Kegiatan ini bukan berarti kita lancang menilai Sekda sebagai atasan kita semua, namun kita menganggap, melalui ADLG Award para Sekda adalah faktor penting dan sangat strategis dalam pelaksanaan implementasi SPBE,” terang Faisal.

Terkait tahapan pelaksanaan ADLG Award Tahun 2024, Faisal menyebutkan, sebelumnya tahapan awal sudah dimulai sejak dikeluarkannya radiogram dari Dirjen Pangda Kemendagri. “Pendaftaran sudah kita buka dari 11 sampai 30 Maret 2024, dan nanti puncaknya kita akan menyerahkan penghargaan ADLGA tanggal 31 Juli 2024,” sebut Faisal.

Dengan sosialisasi ADLG Award ini, Faisal berharap, mudah-mudahan semua dapat berkumpul dan dapat menyaksikan penyerahan ADLG Award 2024. “Kemendagri akan memberikan penghargaan kepada Sekda Provinsi terbaik satu, dua dan tiga. Penghargaan Sekda Kabupaten peringkat satu, dua dan tiga. Sekda Kota peringkat satu dua dan tiga,” pungkasnya.

Sebagai informasi, lima hal yang dinilai dalam ajang penghargaan ADLG Award Tahun 2024 ini ialah, pertama, memastikan kepatuhan terhadap kebijakan digitaliasi. Kedua, memastikan manfaat dari digitalisasi tercapai. Ketiga, memastikan risiko digitalisasi telah terkelola, keempat, memastikan optimalisasi sumber daya untuk digitalisasi, dan kelima, memastikan keterlibatan seluruh pihak dalam digitalisasi.

Metode penilaian, dilakukan seleksi awal berbasis data dukung, kemudian dilakukan visitasi atau kunjungan langsung untuk pembuktian aksi, dan terakhir paparan serta tanya jawab panelis. Seluruh informasi terkait ajang penghargaan ADLG Award tahun 2024 ini, dapat diakses dalam https://adlgaward.id . (vin/s)

#kemendagri#ASKOMPSI#ADLGA#ALDG Award Tahun 2024#ADLG Award#ASKOMPSI Digital Leadership Government Award

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!