BeritaWilayah

Panduan Teknis dan Agenda ADLG Award Tahun 2024

Bagikan Ke

Jatim, halonotariat.id – Kemendagri RI berkolaborasi dengan Asosiasi Diskominfo Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) dan Inixindo Jogja, yang merupakan suatu lembaga pelatihan IT terpercaya di Indonesia, menyosialisasikan penyelenggaraan penghargaan ASKOMPSI Digital Leadership Government (ADLG) Award Tahun 2024.

Dalam sosialisasi tersebut, dijabarkan panduan teknis serta agenda ADLG Award Tahun 2024, oleh CEO Inixindo Jogja, Andi Yuniantoro, secara daring pada Kamis (21/3/2024). 

Andi menyampaikan, tujuan diadakannya ADLG Award tahun 2024 ini adalah sebagai pengungkit aksi bagi para Sekretaris Daerah (Sekda) terhadap perannya sebagai koordinator sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di pemerintahan daerah.

“Hal ini mengacu pada Perpres Nomor 82 Tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional,” tuturnya.

Lebih lanjut, Andi menerangkan, ajang penghargaan ADLG Award ini memiliki tujuh kategori yang berbeda setiap tahunnya.

“Seperti pada tahun 2024 ini, ADLG Award mengusung tema atau kategori Governance dengan goals atau tujuan membangun tata kelola digital yang kuat untuk mengarahkan transformasi digital,” tutur Andi.

Hal-hal yang dinilai dalam ajang penghargaan ADLG Award Tahun 2024 ini, Andi menyebutkan, terdapat lima kompetensi yang akan dinilai atau di -record dalam kategori governance kali ini.

“Lima hal yang dinilai tersebut, yakni, pertama, Sekda wajib memastikan kepatuhan terhadap kebijakan digitalisasi, kedua Sekda wajib memastikan manfaat dari digitalisasi dapat tercapai, ketiga Sekda wajib memastikan risiko digitalisasi telah terkelola dengan baik, keempat Sekda memastikan optimalisasi sumber daya untuk digitalisasi, dan terakhir kelima, Sekda wajib memastikan keterlibatan atau partisipasi dari seluruh pihak dalam digitalisasi,” sebut Andi.

Sedangkan untuk metode penilaian yang akan digunakan, Andi memaparkan, hal tersebut dibagi menjadi tiga cluster yaitu seleksi awal berbasis data dukung, visitasi pembuktian aksi, serta paparan tanya jawab panelis yang tidak boleh diwakilkan oleh pihak manapun.

Baca Lainnya:  Surat Pengda Kota Pekalongan Sesuai Formasi Tugas dan Jabatan Notaris/PPAT

“Sehingga Sekda terpilih harus datang langsung ke Jakarta untuk bertemu dengan tim penilai yang terdiri dari, Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, praktisi IT, Wantiknas, Akademisi, Kemenpan RB, dan Kemenkominfo,” papar Andi.

Adapun agenda dan panduan teknis dalam penyelenggaraan ADLG Award Tahun 2024 ini ialah;

1. 5 – 9 Maret 2024 : Ditjen Bangda Kemendagri mengirim Radiogram atas nama Mendagri ke Gubernur, Bupati, dan Walikota seluruh Indonesia. 

2. 12 – 30 Maret 2024 : ASKOMPSI (email: Askompsi@adlgaward.id ) menindaklanjuti radiogram Kemendagri dengan mengirim kode registrasi ke Sekda untuk masuk ka adlgaward.id dan melakukan pendaftaran asesmen. 

3. 1 – 30 April 2024 : Sekda Provinsi, Kabupaten/Kota melakukan pendaftaran dan asesmen di dalam website adlgaward.id 

4. 1-17 Mei 2024 : Tim Penilai melakukan penilaian terhadap asesmen yang diinput oleh Sekda, melalui aplikasi adlgaward.id 

5. 20 Mei – 10 Juni 2024 : Penilaian lapangan oleh tim penilai untuk sembilan finalis yang terpilih dari asesmen.

6. 17 – 28 Juni 2024 : Paparan di depan Mendagri RI oleh sembilan finalis.

7. 5 Juli 2024 : Pengumuman pemenang kategori

8. 31 Juli 2024 : Penyerahan penghargaan ADLG Award Tahun 2024. (vin-div/s)

 

#kemendagri #ADLG Awards #ASKOMPSI #ASKOMPSI Digital Leadership Government Award

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!