BeritaDaerah

Seleksi ALB INI Ajang Pembuktian Pertama di Pengda Jombang

Bagikan Ke

Jombang, halonotariat.id – Untuk pertamakalinya Pengurus Daerah (Pengda) Kab.Jombang Ikatan Notaris Indonesia (INI) menyelenggarakan program kegiatan Seleksi Anggota Luar Biasa (ALB) INI periode November 2023. Sebagaimana yang di amanah Peraturan Perkumpulan nomor 14/Perkum/INI/2018 terlaksana di Fatma hotel Jombang (20/11/2023).

Disampaikan Ketua Panitia Pelaksana, Indra Pusponegoro P.B., SH., MKn., jumlah peserta sebanyak 33 orang yang baru saja lulus menempuh pendidikan Magister Kenotariatan (MKn) dari berbagai universitas di Indonesia. Dan pesertapun tidak hanya dari Jawa Timur (Jatim) saja, melainkan juga dari luar wilayah Jatim.

Segenap Panitia Pelaksana seleksi ALB bersama Peserta

Sementara, Ketua Pengda Jombang INI, Sufie Ethika, SH., mengakui Kegiatan Seleksi ALB ini kali pertama di laksanakan di Jombang.  Walaupun Jombang tidak memiliki Kampus Prodi Kenotariatan, namun peserta datang dari berbagai daerah, yang tidak hanya dari Jawa Timur.

“Awalnya Pengda Malang yang ditawarkan melaksanakan Seleksi ALB INI. Namun karena belum siap, oleh karena ini kesempatan pertama, diharapkan teman-teman di daerah mempunyai kesempatan yang sama dalam menyelenggarakan seleksi ALB INI. Toh setiap Pengda juga di beri kesempatan yang sama”, ungkapnya.

Ditambahkan Indra (Ketua Panpel), “ini sebagai ajang pembuktian, bahwa bukan hanya di kota-kota besar saja yang layak menyelenggarakan event-event kegiatan seperti ini (Seleksi ALB-red). Tapi kami di daerah, bahkan di kota-kota kecil sekalipun bisa melaksanakan event seperti ini. Bahkan untuk skala regional maupun Nasional”, tegasnya.

Selaku Perwakilan dari Pengwil Jatim INI, Dwi Rossulliati, SH., yang juga Ketua bidang (Kabid) ALB dan Magang, dalam kesempatan sambutannya menyampaikan bahwa untuk menjadi Notaris awalnya setelah lulus S2 MKn, harus mengikuti pelaksanaan seleksi ALB.

“Pelaksana Seleksi ALB adalah Pengurus Daerah, kemudian bekerjasama dengan Pengurus Wilayah. Atau Gabungan Pengda bekerjasama dengan Pengwil,” ungkapnya.

Baca Lainnya:  INI Rumah Besar, Insya Allah Kongres Selesai Dengan Damai Dan Kekeluargaan

Ditambahkannya, Seleksi ALB ini tidak sembarang bisa dilaksanakan disembarang waktu. Karena ada periode pelaksanaannya, yaitu di bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Kemudian materinya sudah ditentukan oleh Pengurus Pusat INI, meliputi AD/ART, Peraturan Perkumpulan dan Kode Etik Notaris. Lalu dari pelaksanaannya, akan di keluarkan Surat Keterangan lulus ALB INI.

Para Pengawas Ujian tulis Seleksi ALB

“Setelah nanti mendapatkan surat keterangan lulus seleksi ALB saudara-saudari/adik-adik yang saat ini mengikuti ALB, jangan berdiam diri segera mendaftar sebagai ALB PP INI,” terangnya.

Untuk pemateri pertama pembekalan, disampaikan oleh R. Imam Rahmat Safi’i, SH.,MKn., mengenai Keorganisasian INI (AD/ART, Perkum) dan Kode Etik Notaris. Dilanjutkan Materi Pembekalan tentang
Peraturan Magang dan ALB yang dipaparkan oleh Dwi Rossulliati, SH.

Selanjutnya para peserta melaksanakan ujian tulis selama 90 menit dari soal yang di bagikan oleh Tim Pengawas. Setelah itu, setiap Peserta, satu persatu dipanggil untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan tim penguji ujian lisan, yaitu Hj. Sufie Ethika, S.H. (Ketua Pengda Jombang), Lucius Andik Rahmanto, SH.,M.Kn (MPD), H. Romlan Prasodjo,SH., M.Hum (MKD), Justiana, SH.(Kabid Pengayoman Pengwil Jatim dan Ketua Pengda Surabaya INI), serta N. Aviva Herawati Sari, SH. (Den)

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!