BeritaWilayah

Ikut Maber Jatim INI Berani dan Mumpuni Ilmunya

Bagikan Ke

Surabaya, halonotariat.id – Pengurus Wilayah (Pengwil) Jawa Timur (Jatim) Ikatan Notaris Indonesia (INI), sukses menyelenggarakan Magang Bersama (maber) periode November 2023, di Novotel Samator (16/11/2023) sebagai wujud amanah Dalam Peraturan Perkumpulan.

Dilaporkan Ketua Panitia Pelaksana, Widio Rahardjo, SH., Maber periode November ini, diikuti sebanyak 124 peserta. Dimana semester 1 sebanyak 22 peserta, semester 2 sebanyak 29 peserta, semester 3 sebanyak 31 peserta dan semester 4 sebanyak 42 peserta. Yang mana setiap semester terpisah sesuai tingkatannya masing-masing dan materi yang berbeda-beda.

Dirinya berharap,”ilmu yang didapat dari para pembicara nantinya bisa menjadi bekal untuk kita dalam praktek di masyarakat di bidang kenotariatan. Kami mohon maaf, jika pelaksanaan mungkin ada sedikit kendala tapi insyaallah kekurangan itu mungkin akan menjadi bahan pembelajaran kita untuk kegiatan lainnya menjadi lebih baik”.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Ketua Pengwil Jatim INI, Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH., menyampaikan bahwa magang kali ini lebih banyak di ikuti oleh peserta semester 4.

“Setelah semester 4 itu lega karena 4kali 6 bulan. Dan hari ini adalah hari terakhir untuk adik-adik mengikuti kegiatan maber. Semester 4 nanti akan menerima sertifikat magang dan juga ada ketentuan lainnya. Setelah itu apa yang harus dihadapi dan dipersiapkan? UKEN tapi mungkin sekarang banyak yang tahu ada dinamika. Adik-adik bersabar dulu. Semua berdoa, agar INI segera jelas kembali dan UKEN akan segera dilaksanakan dan bisa pengangkatan notaris lagi,” ucap Henny biasa disapa.

Bagi yang ikut  Maber di Jatim, menurut Henny  yakin, karena berani dan merasa mumpuni ilmunya.

“Menjadi notaris di Jatim ini, insyaallah kualitasnya pasti akan lebih baik dan itu harus dipegang. Karena kita juga diajarkan oleh nara sumber atau tim pengajar yang memang betul-betul berkualitas,” ungkapnya.

Baca Lainnya:  KUDA Pengwil Jatim INI di Banyuwangi Agenda Pembinaan dan Penguatan Kode Etik dan UUJN

Adapun pemateri di Semester 1 Dasar-Dasar Teknik Pembuatan Akta (TPA) disampaikan Dwi Rossulliati, SH.,MH., Kode Etik Notaris oleh Dr. Erna Anggraeni, dan Administrasi Perkantoran Notaris oleh Yuida, SH.

Untuk Semester 2 TPA Perjanjian-Perjanjian Bernama disampaikan Gatot Tri Waluyo, SH.,MKn. Sedangkan Dr.A.A. Andi Prajitno memaparkan TPA Perjanjian-Perjanjian Tidak Bernama.

Di Semester 3, Ronald Juanda Holsen, SH., MKn., menjelaskan TPA Perbankan dan Akta-Akta Jaminannya. Dilanjut Rosida, SH., yang menjelaskan TPA Pertanahan.

Dan di Semester 4, Machmud Fauzi,SH., mengajarkan TPA terkait Pewarisan, Akta Wasiat dan Akta Penyimpanan. Sementara Wimphry Suwignjo, SH., memaparkan TPA Perseroan dan TPA Badan-Badan atau Lembaga lainnya.

Diakhir sesi pemaparan materi dilaksanakan uji evaluasi sesuai semesternya, yang mana semua peserta, di beri waktu selama 2 jam dalam pengerjaannya. (Den)

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!