BeritaDaerahWilayah

Penyuluhan Hukum IPPAT Jatim di Surabaya Libatkan Warga dan Mahasiswa

Narsum, Panitia dan Penyelenggara Penyuluhan Hukum

Bagikan Ke

Surabaya, halonotariat.id – Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Pengurus Wilayah Jawa Timur (Pengwil Jatim) dan Pengurus Daerah (Pengda) Surabaya, bersinergi dengan BPN Surabaya 2 dan Universitas Surabaya (Ubaya), menyelenggarakan Penyuluhan Hukum pada sabtu pagi (5/11/2022) di Kantor Kelurahan Kedung Baruk Kecamatan Rungkut Kota Surabaya, dalam rangkaian kegiatan HUT IPPAT Ke-35 dan Hantaru ke-62.

Acara yang dihadiri oleh para perangkat Kelurahan setempat serta para Ketua RT dan RW wilayah tersebut, menurut Mohammad Budi Pahlawan, SH., (Ketua Pengda Surabaya IPPAT), sangatlah penting. Karena Ketua RT inilah yang sering ditanyai warganya tentang persoalan apapun, termasuk perihal pertanahan.

Oleh karena itulah Budi Pahlawan berharap semoga dengan Penyuluhan Hukum ini, para Ketua RT bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan warganya perihal pertanahan, sebagaimana tema yang disampaikan tentang Permohonan dan Peralihan Hak untuk Tanah yang Belum Bersertifikat serta persoalan hukum lainnya. Dengan Narasumber dari Notaris/PPAT Surabaya Justiana, SH dan Dr. H.R Ibnu Arly, SH., MKn, serta pihak BPN Surabaya 2.

Panitia Pelaksana Penyuluhan Hukum IPPAT Pengda Surabaya

Selain itu, Ketua Pengwil Jatim IPPAT, Dr. Isy Karimah Syakir, SH., MKn., MH., mengatakan bahwa kegiatan ini juga melibatkan para Mahasiswa Pasca Sarjana Program Pendidikan Kenotariatan (MKn) Ubaya. Dengan harapan bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat dan ilmu yang didapat bisa dimaksimalkan dalam prakteknya.

“Penyuluhan hukum rangkaian HUT IPPAT Ke-35 ini memang melibatkan mahasiswa juga. Mulai September di Jember, Oktober di Kediri dan Bojonegoro,” ungkap Dr. Isy.

Selain itu nantinya Mahasiswa Universitas Narotama dan UNAIR Surabaya akan terlibat dalam penyuluhan hukum yang akan diselenggarakan Pengda IPPAT Surabaya di Kelurahan Bubutan dan Wiyung Kodya Surabaya. Kegiatan itu juga melibatkan mahasiswa sebagai tindak lanjut Mou IPPAT dengan Prodi MKn yang ada di Jawa Timur. Kemudian di daerah lainpun akan menyusul untuk daerah Sumenep dan Batu Malang.

Baca Lainnya:  Pembinaan, Sosialisasi dan Evaluasi Mewujudkan Solusi di Gresik, Tujuan Perkumpulan IPPAT
Penyerahan Cinderamata dari Panitia Pelaksana Pengda Surabaya IPPAT

Sementara Ketua Prodi MKn, sekaligus Dekan Fakultas Hukum Ubaya Dr. Yoan Nursari Simanjuntak, S.H., M.Hum., ini menyampaikan bahwa kegiatan ini tentunya memperkaya pengetahuan mahasiswa. Dimana Pengetahuan tidak hanya didapatkan dari perkuliahan saja. Akan tetapi dengan kegiatan ini, mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang problema yang benar-benar real ada di dalam masyarakat.

“Dan bersyukur sekali MKn Ubaya bergandeng tangan dengan IPPAT dan BPN Jatim yang bisa memberikan kesempatan-kesempatan baik untuk mahasiswa terjun langsung ke Masyarakat,” pungkasnya.

Peserta Penyuluhan Hukum Rangkaian HUT IPPAT ke-35

Selaku tuan rumah, Lurah Kedung Baruk Fatin Hamamah pun mengucap syukur atas terlaksananya kegiatan ini, karena menurutnya kesempatan ini langka dan tidak semua Kelurahan didatangi oleh IPPAT Pengwil Jatim dan Pengda Surabaya.

“Terima kasih yang tak terhingga, kami merasa terhormat sekali dipilih menjadi wilayah yang didatangi panjenengan,” ucapnya. (Den/red)

Bagikan Ke

error: Dilarang Copas !!