BeritaDaerah

Notaris Masuk Desa Wujud Pengabdian Pengda Mojokerto Dalam Perayaan HUT INI ke-114

Bagikan Ke

Mojokerto, halonotariat.id – Dalam rangka memperingati HUT INI Ke-114, Pengda Mojokerto INI bekerjasama dengan Yonif Para Rider 503/Mayangkara dan dukungan dari Pengda kab.Mojokerto IPPAT menyelenggarakan Notaris Masuk Desa, Bhakti Sosial dan pengobatan massal gratis di balai desa Kesiman Tengah Kec. Pacet Kab. Mojokerto (13/7/2022).

Ketua pengda Mojokerto INI, Gema Bismantaka, SH., MKn., mengatakan, “kegiatan acara ini merupakan salah satu rangkaian dalam rangka memperingati hari jadi INI ke-114 dan sebagai wujud pengabdian atau keperdulian kami sebagai Notaris dan PPAT di Mojokerto kepada masyarakat Mojokerto”.

Pemberian Sembako kepada Janda-Janda Lanjut Usia

Bentuk bakti sosial yang di berikan berupa penyerahan bantuan sembako kepada janda-janda yang telah lanjut usia. Kedua pemeriksaan medis secara gratis bersama Yonif Para Rider 503/Mayangkara. Dan yang ketiga, kegiatan penyuluhan hukum dari Notaris dan PPAT tentang badan hukum yang juga bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM.

“Mengingat sesuai informasi dari kepala Desa bahwa Di Desa Kesiman memiliki kawasan wisata yang perlu dikembangkan lagi, yaitu berupa Candi Kesiman tengah”, ungkap Gema.

Mengunjungi lokasi Candi Kesiman Tengah

Oleh karena itu menurutnya perlu pengembangan pendukungnya dari pemerintah daerah dan berbagai pihak serta masyarakatnya. Selain itu juga banyaknya masyarakat yang ingin berusaha secara legal dengan membentuk badan hukum.

Dari Alasan itulah Gema mengungkapkan alasan diadakan penyuluhan didesa yang mengajak Dinas Koperasi, dengan harapan dapat mendampingi serta membina badan-badan hukum di Desa sehingga terbentuk pengembangan diri dan usahanya.

Nara Sumber Penyuluhan Notaris Masuk Desa

Narasumber dalam Penyuluhan tersebut adalah Notaris/PPAT Sony Pungus, SH., MKn., yang memaparkan Badan Hukum perorangan dan BUMDes, Kepala Dinas Koperasi, Abdullah Muhtar, S.Sos.,MM tentang Perkoperasian dan Dwi Rosulliati, SH., yang menjelaskan mengenai Hukum Waris Keluarga.

Acara itu dihadiri dan di buka secara resmi oleh Bupati Mojokerto, yang di hadiri juga oleh Dinas-dinas terkait, Polsek Pacet dan Polres Mojokerto, Dandim Mojokerto, serta Camat Pacet dan Kepala Desa Kesiman Tengah bersama warga serta Ibu-Ibu PKK Desa Kesiman Tengah.

Baca Lainnya:  Setetes Darah Untuk Kemanusiaan di Notaria Fest 2022 Jatim Rangkaian Perayaan HUT INI Ke-114
Mengunjungi Pengobatan Massal Gratis

Dalam sambutannya, Bupati Mojokerto, dr. Ikfina Fahmawati., M.Si., menyampaikan kegiatan ini tidak lepas dari agenda INI yang merayakan HUT nya yang ke-114. Kegiatan Notaris Masuk Desa itu sangat penting dalam situasi sekarang ini. Terkait Hukum tentunya tidak lepas dari peran Notaris.

Perkembangan jaman, perubahan, teknologi Informasi yang begitu pesat menurutnya perlu pengetahuan terkait dengan hukum. Tidak hanya pada pemerintahan saja, namun di Pemerintahan Desa ada kegiatan usaha mikro yang semuanya itu perlu pengakuan/legalitas hukum.

Suasana Penyuluhan Notaris Masuk Desa

Pengakuan tersebut lanjutnya, tidak hanya berdasarkan ucapan atau tulisan saja. Tetapi betul-betul harus memiliki kekuatan hukum dan naskah yang bisa mempunyai kekuatan hukum itu diantaranya dibuat oleh Notaris dalam bentuk Akta. Salah satunya adalah akta pendirian suatu usaha.

Rasanya saat ini masyarakat harus paham terkait apa saja yang harus disiapkan masyarakat terhadap semua kegiatan-kegiatan yang harus dimiliki oleh para usaha mikro. Karena Pemerintah hanya akan memberikan bantuan kepada kegiatan yang memiliki ijin usaha. Yang tujuannya mengajak masyarakat sadar akan hukum.

Ketua Pengda Mojokerto INI, Gema Bismantaka menyerahkan Cinderamata Kepada Bupati

Oleh karena itulah dirinya berharap di usia yang ke-114 ini, Notaris bisa lebih dekat dengan masyarakat, bisa memberikan manfaat dan bekerja sama secara profesional dalam mewujudkan kesejahteraan bersama. (Den/Red)

Bagikan Ke

error: Dilarang Copas !!