BeritaWilayah

Maber Pengwil Jatim INI Selalu Banyak Peserta, Patuhi Kode Etik dan UU Jabatan Notaris

Ketua Pengwil INI Jatim dan panitia Pelaksana Maber periode November 2021

Bagikan Ke

Surabaya, halonotariat.id – Dalam rangka menjalankan tugas dan kewajiban Organisasi Ikatan Notaris Indonesia (INI), Pengurus Wilayah Jawa Timur (Pengwil Jatim), menyelenggarakan Magang Bersama (Maber) di periode akhir tahun pada tanggal 29-30 November 2021 di Hotel Novotel Samator Surabaya.

Ketua Panitia Pelaksana, Iyen Suhesti SH, MH., mengatakan jumlah peserta semester 1 sebanyak 47 peserta, semester 2 sebanyak 41 peserta, semester 3 sebanyak 67 peserta dan semester 4 sebanyak 82 peserta.

Dengan Total peserta maber mencapai 237 peserta. Lanjutnya semua harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Oleh karenanya, pelaksanaan maber di selenggarakan selama 2 hari, dengan pembagian, semester 2 dan 4 dilaksanakan pada hari senin (29/11/2021), sedangkan semester 1 dan 3 dilaksanakan pada esok harinya (30/11/2021).

Dari kiri Ketua Panpel, Iyen Suhesti SH, MH. ketua INI Pengwil Jatim, Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH., dan Pemateri, Dr. HABIB ADJIE, S.H., M.Hum

Ditambahkan ketua INI Pengwil Jatim, Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH., mengatakan bahwa Maber di Jatim ini selalu diikuti oleh banyak peserta dibandingkan dengan pengwil-pengwil lain. Karena di Jatim ada 6 Universitas yang menyediakan program studi (prodi) Kenotariatan. Dan boleh dikatakan sebagai penyelenggara prodi kenotariatan terbanyak di Indonesia.

Dengan banyaknya prodi kenotariatan yang ada di Jawa Timur, tentunya persaingan akan semakin tinggi untuk memperoleh penempatan. Namun harap SAH, tetap semuanya harus sesuai dengan kolidor, kalau nanti sudah menjadi Notaris. Dengan tetap harus patuh terhadap kode etik dan UU Jabatan Notaris.

Dari mulai pasal 35 sampai pasal 68 UUJN saja, menurutnya kalau dipatuhi, dipenuhi, dilaksanakan secara konsisten InsyaAllah semua Notaris akan Selamat.

Berita terkini yang dirasakannya, Notaris/PPAT ini semakin diambang yang sangat memperihatinkan. Bahwa diberitakan adanya keterlibatan atau bagian dari mafia tanah, makanya semua harus khawatir, semuanya harus prihatin dengan kondisi ini. Jangan kemudian ini menjadi sasaran para mafia tanah. Sehingga dalam menjalankan profesi ini haruslah secara seksama, jujur, mandiri dan tidak berpihak.

Baca Lainnya:  Khotmil Qur'an Hybrid Perdana Pengwil INI dan IPPAT Jatim

Rencana adanya lebih dari 250 Notaris baru yang akan dilantik di Jatim, diharapkannya, semakin banyaknya Notaris, kuantitas jangan sampai mengurangi kualitas Notaris.

“Kuantitas Notaris boleh saja memberikan pelayan VIP, tetapi jangan sampai menjadikan hubungan tidak sehat dan jangan sampai kualitas dari Notaris di Indonesia khususnya di Jatim jangan sampai akhirnya menurun,” Pesan Henny biasa disapa.

Dr. A.A. ANDI PRAJITNO, S.H., MKn., dalam penyampaian materi kepada peserta Maber Semester 2

Dalam Pelaksanaan maber hari pertama (29/11/2021), pada semester 2, peserta mendapatkan materi dari Dr. DIAH AJU WISNUWARDHANI, S.H., M.Hum., mengenai Tehnik Pembuatan Akta (TPA) Perikatan I (Perjanjian Bernama): Jual Beli, Tukar Menukar, Sewa Menyewa, Hibah dan sebagaimana diatur dalam Bab V sampai dengan Bab XVIII KUHP.

Materi selanjutnya di sampaikan oleh Dr. A.A. ANDI PRAJITNO, S.H., MKn., mengenai Tehnik Pembuatan Akta Perikatan II (Perjanjian Tak Bernama). Meliputi Perjanjian Kerjasama (MOU) dan perjanjian-perjanjian lainnya yang bisa dibuat dalam praktek.

Sedangkan peserta Semester 4 diisi oleh Dr. HABIB ADJIE, S.H., M.Hum, dengan materi Tehnik Pembuatan Akta: Badan-Badan Hukum atau Lembaga lain. Kemudian MACHMUD FAUZI, S.H., dengan materi Tehnik Pembuatan Akta Terkait Pewarisan dan WIMPHRY SUWIGNJO, S.H., mengenai Tehnik Pembuatan Akta Perseroan Terbatas: Termasuk Jual Beli Saham, Kuasa dari Pengurus PerseroanTerbatas.

Suasana pengerjaan soal jawaban evaluasi peserta Maber

Diakhir sesi setelah pemaparan materi maber disetiap Semester, baik dari semester 2 atau semester 4, semua peserta mengisi lembar jawaban evaluasi untuk menentukan kualitas dari setiap peserta dalam memahami materi-materi yang disampaikan. (AF/DN)

Bagikan Ke

admin
the authoradmin
error: Dilarang Copas !!