BeritaWilayah

257 Notaris Baru Dilantik Kanwil Kemenkumham Jatim

pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Notaris baru oleh Kepala Kanwil kemenkumham Jatim, Krismono, Bc.iP., SH., MH.

Bagikan Ke

Surabaya, halonotariat.id – Kantor Wilayah Jawa Timur (Kanwil Jatim) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyelenggarakan sosialisasi Layanan Kenotariatan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Notaris di Dyandra Convention Center Surabaya (30/11/2021).

Kepala bidang pelayanan hukum kanwil kemenkumham jatim, Mustiqo Vitra A., SIP, MSi, MH., yang merupakan ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa latar belakang kegiatan ini adalah setelah dikeluarkannya SK pengangkatan Notaris oleh Kemenkumham RI, maka kanwil Jatim kemenkumham pertama berkewajiban untuk menyebarkan informasi mengenai layanan-layanan di kanwil yang berhubungan dengan Notaris.

Kepala bidang pelayanan hukum kanwil kemenkumham jatim, Mustiqo Vitra A., SIP, MSi, MH., menyampaikan laporan kegiatan

Yang kedua, setelah SK tersebut dikeluarkan, otomatis perlu dilakukan pengambilan sumpah atau janji. Dan yang ketiga, para Notaris memiliki gambaran mengenai kondisi lembaga kenotariatan di Jatim yang terupdate sehingga diharapkan nanti dapat bersinergi dengan kanwil kemenkumham dengan MPW, dengan 20 MPD, dengan 18 pengda INI, dengan pengwil INI dalam rangka untuk menciptakan kondisi notaris yang berintegritas di Jatim

Sedangkan hasil yang ingin dicapai pada acara hari ini lanjutnya Notaris diambil sumpah/janjinya, kemudian memperoleh berita acara sumpah sebagai syarat untuk melaksanakan tugas dengan resmi dan sah di daerah kerjanya masing-masing.

Yang kedua, Notaris dapat mengetahui layanan kenotariatan yang diselenggarakan oleh kanwil kemenkumham Jatim, termasuk penggunaan aplikasi pelaporan Notaris yang passwordnya sudah diterima. Dan yang ketiga, Notaris dapat mengetahui hak dan kewajiban selaku anggota Ikatan Notaris Indonesia (INI) di wilayah Jatim.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Dr. Subianta Mandala, SH., LLM. (tengah)

Kegiatan acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Dr. Subianta Mandala, SH., LLM. Dalam sambutannya, Subianta mengatakan bahwa acara sosialisasi Layanan Kenotariatan ini sebelum pengambilan Sumpah/Janji Notaris, bisa dianggap juga sebagai pembekalan bagi calon Notaris.
“Bagi saya ini kesempatan bekal pada teman-teman calon notaris yang sebentar lagi siang nanti dilantik,” ungkapnya.

Baca Lainnya:  Seminar Pengda Surabaya INI, Meningkatkan Kewaspadaan Notaris Selama Pandemic COVID-19

Acara hari ini lanjutnya merupakan acara yang luar biasa sekali, karena menghadirkan Notaris terbanyak yang akan dilantik tahun ini. Yaitu sebanyak 257 Notaris baru yang di lantik siang ini.

Pembekalan dari ketua INI Pengwil Jatim, Siti Anggraeni Hapsari, SH., dan Waka MPW Notaris Jatim, machmud Fauzi, SH., yang dimoderatori (tengah) Ketua INI Pengda Surabaya, Justiana, SH

Dalam pembekalan, selain pemaparan materi dari Subianta, disampaikan juga dari Ketua Pengwil INI Jatim, Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH., lalu Wakil Majelis Pengawas Notaris Wilayah Jatim, Machmud Fauzi, SH, dan sebagai moderator ketua Pengda INI Surabaya, Justiana, SH.

Setelah Ishoma (Istirahat, Sholat dan makan), acara dilanjutkan dengan pengambilan Sumpah/Janji Jabatan 257 Notaris baru oleh Kepala Kanwil kemenkumham Jatim, Krismono, Bc.iP., SH., MH. (AF/DN)

Bagikan Ke

admin
the authoradmin
error: Dilarang Copas !!