BeritaNasional

Kinerja PTSL, Redistribusi Tanah, dan 7 Layanan Prioritas Dalam Evaluasi Semester 1 Kementerian ATR/BPN

Suasana Rapat Pimpinan

Bagikan Ke

Jakarta, halonotariat.id – Memasuki penghujung semester I tahun 2023, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyelenggarakan Rapat Pimpinan (Rapim) untuk evaluasi kinerja terkait pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Redistribusi Tanah, dan 7 Layanan Prioritas.

Rapim ini berlangsung secara daring dan luring, bertempat di Ruang Rapat 401 Kementerian ATR/BPN, Jakarta, pada Jumat (09/06/2023). Pertemuan ini dipimpin oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto dengan didampingi oleh Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Raja Juli Antoni.

Terkait dengan pelaksanaan PTSL, Menteri ATR/Kepala BPN mengapresiasi dan mengumumkan satuan kerja yang berhasil memaksimalkan capaian pendaftaran tanah di masing-masing wilayah.

Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto Pimpin Rapat

“Untuk lima Kanwil (Kantor Wilayah, red) dan Kantah (Kantor Pertanahan, red) dengan realisasi PTSL, PBT (Peta Bidang Tanah, red) dan SHAT (Sertipikat Hak Atas Tanah, red) tertinggi, saya minta agar progres capaian terus dimaksimalkan hingga akhir tahun agar mencapai 100%,” kata Hadi Tjahjanto.

Sejauh ini, diungkapkan Hadi Tjahjanto, sudah terdapat delapan Kabupaten/Kota Lengkap. Di antaranya Kota Denpasar, Kota Madiun, Kota Bontang, Kota Tegal, Kota Surakarta, Kota Yogyakarta, Kota Administrasi Jakarta Pusat, dan Kabupaten Badung.

“Jika memungkinkan, bagi seluruh Kepala Kanwil dan Kepala Kantah untuk (wilayahnya, red) segera direalisasikan sebagai Kabupaten/Kota Lengkap,” imbaunya.

Lebih lanjut, Menteri ATR/Kepala BPN juga menyoroti terkait pelaksanaan Redistribusi Tanah di beberapa wilayah yang masih memiliki capaian rendah. Hal ini perlu diperhatikan karena Hadi Tjahjanto menilai, banyak masyarakat yang menunggu program Reforma Agraria, terutama masyarakat berstatus ekonomi rendah yang berada di pinggir kawasan hutan.

Terkait dengan 7 Layanan Prioritas, Menteri ATR/Kepala BPN menuturkan, layanan prioritas tersebut menjadi salah satu indikator penilaian bagi Kabupaten/Kota Lengkap dan menjadi indikator kunci dalam proses mutasi dan rotasi. Maka dari itu, ia mengimbau kepada Kepala Kanwil dan seluruh Kepala Kantah untuk benar-benar melaksanakan dan memonitor pelaksanaan 7 Layanan Prioritas.

Baca Lainnya:  Kementerian ATR/BPN Lakukan Transformasi Digital terhadap Informasi Geospasial Tematik Pertanahan dan Ruang

Adapun lima Kanwil dengan Realisasi 7 Layanan Prioritas Terbaik diungkapkan Menteri ATR/Kepala BPN meliputi Kanwil BPN Provinsi Bali, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, DKI Jakarta, dan Kalimantan Selatan.

“Saya minta agar terus diberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Raja Juli Antoni, Pimpin Capaian Kinerja

Usai Menteri ATR/Kepala BPN membuka Rapim, agenda dilanjutkan dengan paparan dari masing-masing Direktur Jenderal terkait capaian kinerja di penghujung semester I. Paparan kali ini dipimpin oleh Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Raja Juli Antoni.

Hadir langsung dalam Rapim ini, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN. Hadir secara daring, Direktur Jenderal Penataan Agraria; Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN; Kepala Kanwil BPN Provinsi se-Indonesia; dan sejumlah Kepala Kantah. (ANR)

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!