Berita

Parade Mobil Hias HUT Dekranas ke-44, Jatim Tampilkan Citra Kemegahan Majapahit

Bagikan Ke

Jawa Timur, halonotariat.id – Kota Solo akan menjadi saksi gemerlapnya perayaan ulang tahun Dekranas ke- 44 dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke- 52 yang berlangsung 13 -17 Mei 2024 di Jawa Tengah.

Dipenuhi dengan keindahan dan kegemilangan sejarah Nusantara, Dekranasda Jatim akan mencitrakan kemegahan Kerajaan Majapahit melalui enam mobil hias yang akan berlangsung pada, Rabu 15 Mei 2024 nanti.

Mobil hias ini menampilkan detail indah masa keemasan Kerajaan Majapahit. Setiap mobil membawa cerita yang berbeda, namun tetap menggambarkan kejayaan dan kebesaran kerajaan yang pernah memimpin Nusantara pada zamannya. Serta potensi keindahan dan kesuburan Provinsi Jawa Timur.

Tampil di urutan nomor 10 dalam parade perayaan, setiap mobil hias dihiasi dengan teliti oleh tim kreatif Dekranasda Jawa Timur. Mulai dari relief-relief khas Majapahit yang menghiasi sisi-sisi mobil, hingga miniatur bangunan megah seperti Candi dan Gapura yang melengkapi setiap desain dengan sempurna.

Bukan hanya aspek visual yang dijaga dengan cermat, tetapi setiap mobil hias juga disertai dengan kostum-kostum khas era Majapahit yang dikenakan oleh para penari dan pengiringnya. Dengan begitu, suasana kemegahan dan kebesaran kerajaan pun terasa begitu hidup dan nyata bagi para penonton yang akan memadati jalanan kota Solo.

Menurut, Ny Ishe Adhy Karyono selaku Pj. Ketua Dekranasda Jawa Timur, tema yang dipilih tidak hanya sebagai penghormatan terhadap sejarah bangsa, tetapi juga sebagai inspirasi bagi generasi muda untuk terus melestarikan dan menghargai warisan budaya Nusantara.

“Kami berharap, melalui perayaan ini, semangat kebanggaan akan sejarah Nusantara dapat terus berkobar dan mencerahkan peradaban masa depan,” ujarnya dalam Rapat Persiapan HUT Dekranas ke- 44 dan Peringatan Hari Kesatuan PKK Ke- 52 Tahun 2024  di Kota Solo, Jawa Tengah yang hadir secara online, Senin (13/5/2024) malam.

Baca Lainnya:  15.000 Loyalist Irfan Tidak Ikut I-Voting, Kongres Di Tangerang Hanya 1.896 Anggota

Dikatakannya, tidak hanya menjadi bagian dari perayaan semata, kehadiran mobil hias bertema kemegahan Kerajaan Majapahit ini juga menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi Kota Solo. Ribuan wisatawan lokal maupun mancanegara diharapkan turut meramaikan jalanan kota demi menyaksikan kemegahan dan keindahan yang juga ditampilkan oleh tim Dekranasda Jawa Timur.

Dengan perayaan ulang tahun Dekranas  Ke- 44 dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke- 52 yang penuh warna dan makna ini, diharapkan semakin banyak orang yang terinspirasi untuk turut serta dalam melestarikan dan memperkaya kekayaan budaya Nusantara. Sebuah penghormatan yang layak bagi warisan nenek moyang, dan sebuah komitmen untuk menjaga agar gemerlapnya masa lalu tetap menginspirasi dan menerangi masa depan. (jal/hjr)

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!