BeritaWilayah

Dalam Pelantikan dan Pengukuhan Pengwil Jatim INI Berharap Menjadi Barometer Kompetensi dan Etika

Bagikan Ke

Surabaya, halonotariat.id – Pasca ditetapkannya Dr. Isy Karimah Syakir, SH., MH., MKn., sebagai Ketua Pengurus Wilayah Jawa Timur (Pengwil Jatim) Ikatan Notaris Indonesia (INI) pada pagelaran Konferwil Jatim 9 Januari 2024 lalu, kurang dari 30 hari, telah membentuk susunan pengurusnya dan pada hari ini (30/1/2024) melaksanakan Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Wilayah Periode 2023-2026 di Dyandra Convention Center Surabaya.

Ketua Panitia Pelaksana, Titiek Nurhayati, SH.,MKn., melaporkan bahwa jumlah Pengurus yang dilantik dan dikukuhkan hari ini sebanyak 300 orang dan Kelompok Kerja (Pokja) sebanyak 100 orang.

Setelah itu disampaikannya dihari yang sama juga dilaksanakan Rapat Kerja Pengwil Jatim INI untuk pertama kalinya setelah Kepengurusan di bentuk tersebut.

Dalam sambutannya, Dr. Isy Karimah Syakir menyampaikan, “Kepengurusan INI Jawa Timur yang mana diamanahkan di AD/ART perkumpulan harus 1 bulan, alhamdulillah tidak sampai 1 bulan kami sudah menyusun Pengurus Wilayah Jatim INI”

Diakuinya kepungurusan yang telah dibentuk memang gemuk (banyak), karena apa? Karena anggota INI Jatim hampir mencapai 3.000 orang.

“Luar biasa karena banyaknya ini, maka kami berharap dengan ditambah pengurus yang cukup besar, bisa memberikan atau bersama-sama memajukan INI yang lebih baik,” ungkapnya.

Ditambahkan Dr. Isy, tentunya untuk pokja fungsinya untuk meregenerasi. Menurutnya organisasi ini harus selalu tumbuh dan dengan kaderisasi yang ada di bidang-bidang bisa memberikan ruang untuk regenerasi dari anggota baru.

Dalam misi visinya pada saat sosialisasi, disampaikan yaitu tercapainya profesionalitas notaris dalam pelaksanaan jabatan.

Maka untuk itu Dr.Isy berharap, “marilah kita bersama-sama membangun kebersamaan dan sekaligus untuk mencapai profesionalitas tersebut, kita harus mempunyai integritas, moralitas, dan menjujung nilai-nilai kebenaran”.

Hadir pula Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono, memberikan sambutannya dan mengucapkan selamat kepada Ketua Pengwil Jatim INI beserta pengurus yang dikukuhkan.

Baca Lainnya:  Kementerian ATR/BPN Lakukan Diseminasi Layanan Informasi Pertanahan dan Tata Ruang Melalui Forum BAKOHUMAS

“Selamat bekerja, berikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Selalu jaga kerukunan dan kebersamaan. Mari kita sama-sama berjanji, di Jawa Timur ini kita buktikan bahwa disini aman, tenteram, dan damai, sehingga INI Jawa Timur dapat menjadi contoh bagi Ikatan Notaris Indonesia di wilayah lain di seluruh Indonesia”, ucapnya.

Heni Yuwono berharap di usia yang sudah menginjak kurang lebih 116 tahun, organisasi INI mampu mengayomi anggota, serta dapat menciptakan suatu ekosistem yang kondusif untuk selalu rukun, saling belajar menambah pengetahuan dan mambangun integritas.

Sementara Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, menyampaikan  pentingnya sebuah wadah dan eksistensi Notaris.

“Tentunya profesionalisme notaris menjadi sesuatu hal yang paling pokok dan paling utama,” ujarnya.

Emil Dardak pun berharap, Notaris Jawa Timur bisa menjadi barometer kompetensi dan etika Notaris di seluruh Indonesia. Walaupun Jumlah Notaris terbesar ke-2 setelah Jawa Barat. (Den)

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!