BeritaWilayah

Bimtek Pengwil Jatim IPPAT Penting Bagi Calon PPAT

Bagikan Ke

Surabaya, halonotariat.id – Tindak lanjut MoU Pengurus Wilayah Jawa Timur (Pengwil Jatim) Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) bersama Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH UNAIR) terealisasi dengan terselenggaranya bimbingan teknik (Bimtek) ke-2, pada hari Jum’at, 26/1/2024 di Aula Boedi Soesetyo lt.3 Gedung A – FH UNAIR

Kepala Program Studi (Kaprodi) Magister Kenotariatan (MKn) UNAIR, Indira Retno Aryatie mengatakan bahwa Bimtek ini merupakan implementasi dari MoU atau Kesepakatan Bersama dengan Pengwil Jatim IPPAT tempo lalu.

Dirinya mengajak semua peserta bimtek bisa memanfaatkan kesempatan hari ini. “Mumpung ada disini, gali pertanyaan sebanyak mungkin, mumpung ada pakarnya,” ucap Indira.

Sementara Ketua Pengwil Jatim IPPAT, Dr. Isy Karimah Syakir, SH., MH., MKn., dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini bimbingan Teknik ini penting bagi para Calon PPAT yang akan menghadapi Ujian PPAT kelak.

“Memang persiapannya itu harus lebih awal, biar enggak lupa. Materi ke-PPAT-an itu banyak, gak cukup rasanya seminggu persiapannya,” Ungkap Dr. Isy.

Dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, Dr.Isy merasa kasihan terhadap para calon PPAT yang akan mengikuti ujian ini. Karena terkadang soalnya tidak berkaitan dengan ke-PPAT-an.

“Misalnya tentang organisasi di BPN, pusing juga ya, karena kita tidak di situ. tapi mau tidak mau harus dikerjakan,” terangnya.

Bimtek kali ini berkaitan dengan Teknik Pembuatan Akta dan Persoalan Hukum Terkait dengan Pelaksanaan Jabatan PPAT, yang terbagi menjadi 3 sesi pemateri.

Di sesi Pertama materi di sampaikan oleh Dr. Hatta Isnaini, S.H., M.Kn., AllArb., yang menjelaskan terkait Peraturan Jabatan PPAT dengan moderator Ister Angelia, SH., MKn.

Dilanjutkan sesi ke-2 dengan Paparan dari Jusuf Patrianto Tjahjono, SH., MH., mengenai Administrasi Perkantoran yang dimoderatori oleh Sonya Natalia, SH.

Baca Lainnya:  Nusantara Fun Walk, Run and Bike 2022 INI Jatim Event Sehat dan Seru

Dan penutup Sesi ke-3, diakhiri dengan materi Perbankan yang di sampaikan oleh Ronald Juanda Holsen, SH.,MKn., yang di moderatori Janto Kusuma Koe, SH.

Di setiap sesi, peserta di beri kesempatan tanya jawab dan Pengwil Jatim IPPAT memberikan hadiah berupa buku berisi soal-soal ujian PPAT kepada setiap penanya dari setiap sesinya. (Den)

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!