BeritaWilayah

KPU Jatim Sosialisasi Pemenuhan Syarat Dukungan Perorangan Dalam Pilkada Serentak 2024

Bagikan Ke

Jawa Timur, halonotariat.id – Mempersiapkan dan melaksanakan berbagai tahapan  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di  Jawa Timur, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menggelar sosialisasi “Tahapan Pemenuhan Persyaratan Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024.”

Sosialisasi disampaikan  oleh dua komisioner KPU Jatim  yaitu Choirul Umam, Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan , Choirul Umam dan  Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik, Miftahur Rozak dengan peserta para perwakilan Kepolisian Daerah Jawa Timur, Kodam V Brawijaya, Kejaksaan Tinggi Jatim, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kementerian Agama,  Organisasi Masyarakat (Ormas) dan sejumlah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi Negeri (PTN), di Aula Kantor KPU Jatim, Kamis (2/5/2024).

Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik, Miftahur Rozak menjelaskan secara resmi luncurkan tahapan dan Hari Pemungutan Suara Pilkada serentak tahun 2024 pada tanggal 31 Maret 2024 dan pada akhir bulan Mei atau awal Juni 2024, KPU Jatim akan melakukan peluncuran Pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Ia menambahkan hari pemungutan suara ditetapkan tanggal 27 November 2024 dan terdapat beberapa persyaratan pencalonan perseorangan yang harus dipenuhi oleh calon pendukung.

Lebih lanjut ia mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur mulai membuka dukungan calon perseorangan alias independent dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024 mendatang. Sesuai PKPU 2 tahun 2024, persiapannya mulai 5 Mei sampai penetapannya 19 Agustus 2024.

“Insya Allah, tanggal 30 Agustus kami juga akan melakukan sosialisasi ke pemangku kepentingan atau stakeholder berkaitan dengan ketentuan pemenuhan syarat dukungan perorangan itu seperti apa,” ujar Komisioner Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim Miftahur Rozaq.

Rozaq juga berharap agar KPU kabupaten/kota melakukan hal yang sama, yakni sosialisasi terkait dengan calon perseorangan.

Baca Lainnya:  Jangan Bangga Menyelewengkan Aturan

“Karena memang tahapannya cukup mepet maka harus melakukan langkah-langkah cepat dan taktis, salah satunya adalah sosialisasi,” kata Rozaq.(Mad/rizma/hjr)

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!