BeritaNasionalOpini

Vote Otty 9 Program Prioritas Pasti Dijalankan

Otty Hari Chandra Ubayani, SH., Sp.N., M.H

Bagikan Ke

Jakarta, halonotariat.id – Ikatan Notaris Indonesia dalam beberapa hari kedepan akan menyelenggarakan Kongres INI dengan sistem i-voting pada 30-31 Agustus 2023 Kota Tangerang, Banten.

Agenda utama dalam pelaksanaan Kongres INI Ke-XXIV tentunya adalah pemilihan Ketua Umum PP INI dan Dewan Kehormatan Pusat (DKP), menuju pesta demokrasi tersebut gagasan seorang Calon Ketua Umum (Caketum) haruslah tersampaikan kepada anggota INI, saat dihubungi via whatsapp (28/8), Otty Hari Chandra Ubayani, SH., Sp.N., M.H., menyampaikan, “Saya mengusung 9 (sembilan) program prioritas yang saat ini sangat diperlukan untuk segera diimplementasi,” ujarnya

Otty merinci Program prioritas, Pertama adalah mengembalikan notaris sebagai pejabat umum yang mempunyai harkat dan martabat, hal ini saya melihat kecenderungan rekan-rekan notaris mengabaikan jati dirinya sebagai insan yang profesional dan intelektual.

“Kedua, memberantas money politic di setiap kegiatan organisasi. Seakan menjadi sebuah ‘budaya’ di setiap pemilihan selalu pemberian dan permintaan fasilitas, jika ingin dipilih oleh anggota dan tidak mengutamakan adu gagasan untuk dipilih oleh anggota INI,” jelasnya.

Program ketiga, lanjut Otty, transparansi keuangan organisasi dengan audit secara berkala oleh akuntan publik yang terdaftar, pentingnya hal itu dilakukan agar akuntabilitas dan responsibilitas dalam menjalankan roda organisasi.

“Selanjutnya, keempat, saya juga concern terkait meningkatkan perlindungan anggota dengan menyediakan help desk yang dapat dihubungi dengan cepat, sehingga permasalahan anggota dapat segera ditangani. Sedangkan kelima, saya ingin fokus pada meningkatkan kemampuan anggota dalam menunjang kegiatan investasi asing yang masuk ke Indonesia,” papar Otty yang saat ini menjabat sebagai Sekertaris Umum PP IPPAT.

Sebagai perhatian kepada Anggota Luar Biasa (ALB) dan notaris yang akan purna tugas, saya masukkan program keenam sebagai upaya memudahkan sesama rekan, yaitu menghapus sistem pengumpulan poin bagi ALB serta notaris senior yang akan pensiun dan akan memperpanjang masa jabatan. Sedangkan ketujuh, uang pangkal ALB sebesar Rp. 2.500.000,- akan dikembalikan pada Pengda atau Pengwil masing-masing.

Baca Lainnya:  Warna Baru Daniel Haryanto Terpilih Ketua Pengda Nganjuk INI Hasil Pemekaran

“Mengenai penyebaran notaris, saya akan berkomunikasi kepada Kemenkumham untuk menghapus kategori daerah atau pengkotak-kotakan wilayah pengangkatan dan perpindahan notaris, misalnya kategori A, B, C dan D, hal itu segera saya lakukan setelah saya terpilih dan dilantik,” tuturnya.

Lanjut Otty, dalam menegaskan eksistensi organisasi, kedepan INI wajib bersinergi dengan Kaprodi kenotariatan, Kepolisian, Pengadilan, Kejaksaan dan Kemenkumham, hal itu dilakukan guna meningkatkan kualitas notaris di seluruh Indonesia.

“Ayoo berkongres agar roda organisasi berjalan ideal, mengingat kekisruhan organisasi akan berakibat pada kurangnya kepercayaan kepada jabatan notaris. Jika saya diamanahkan sebagai Ketua Umum PP INI, 9 program prioritas segera diimplementasi dan juga merangkul semua rekan-rekan dalam struktur kepengurusan PP INI,” harapnya mengakhiri wawancara. (Andy NR)

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!