BeritaDaerah

Rakerda INI dan IPPAT Pengda Sidoarjo Wujud Penguatan Organisasi

Bagikan Ke

Sidoarjo, halonotariat.id – Jelang akhir tahun 2023, Pengurus Daerah (Pengda) Sidoarjo Ikatan Notaris Indonesia (INI) dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (rakerda) di The Olive Branch Taman Dayu Pandaan Pasuruan Jawa Timur pada Jum’at Siang (8/12/2023).

Acara itu sebagai bentuk evaluasi pengurus terkait pelaksanaan kegiatan organisasi baik INI maupun IPPAT pengda Sidoarjo selama tahun 2023 dan merencanakan langkah-langkah kedepan di tahun 2024, yang di pimpin oleh ketua Pengda Sidoarjo INI, Saiful Munir, SH dan Ketua Pengda Sidoarjo IPPAT, Muhammad, SH., MKn.

ketua Pengda Sidoarjo INI, Saiful Munir, SH dan Ketua Pengda Sidoarjo IPPAT, Muhammad, SH., MKn. Membuka Rapat

Terlebih dahulu, pimpinan rapat memberikan kesempatan kepada Majelis Pengawas Daerah (MPD) Notaris Sidoarjo dan Majelis Pembina dan Pengawas Daerah (MP2D) PPAT Sidoarjo memberikan pembinaan berupa arahan-arahan terkait kehati-hatian dalam pelaksanaan tugas dan kewajiban Notaris dan PPAT.

Dalam arahannya, Muhammad, SH., MKn., selaku MPD dan MP2D Sidoarjo ini, selalu menekankan pentingnya etika diatas kepintaran.

“Etika dalam profesi memiliki peran yang sangat penting dalam upaya mewujudkan tercapainya penegakan hukum yang berkeadilan, karena merupakan bagian yang terintregrasi mengatur perilaku sebagai wujud penegakan hukum itu sendiri,” terangnya

Pemaparan arahan/Pembinaan dari MPD dan MP2D Sidoarjo

Sementara Endah Larasati, SH menyampaikan,”Rekan-rekan harap berhati-hati, karena baru-baru ini telah dilakukan tindakan tegas dari Majelis Pengawas Pusat Notaris (MPPN),yang memberikan sanksi pemberhentian sementara sampai pemberhentian tidak hormat terhadap Notaris yang tidak menjalankan ketentuannya dengan baik”.

Ditambahkan Syamsudin,SH., ” MPD maupun MP2D bukanlah Lembaga Pelindung Notaris maupun PPAT. Tapi mempunyai tugas untuk memberikan pembinaan terhadapnya.,”

Dirinya berpesan untuk semua bisa memperhatikan betul, terkait pelaksanaan tugas, terutama PPAT. Karena  sanksi PPAT lebih jelas diatur dari pada aturan di Notaris.

Setelah paparan MPD dan MP2D, Rakerda kembali di gelar, dengan mendengar laporan setiap bidang-bidang pengurus INI dan IPPAT Pengda Sidoarjo, terkait kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan dan belum dapat dilaksanakan serta harapan kedepannya.

Baca Lainnya:  Buka Rakernis Ditjen PTPP, Menteri ATR/Kepala BPN Apresiasi Selesainya Pengadaan Tanah di 27 Lokasi PSN Super Prioritas

Ketua Pengda Sidoarjo INI, Saiful Munir, SH., berpesan,”Sehubungan akan dilaksanakannya Konferwil Jatim pada tanggal 9 Januari 2024, diharapkan Pengda Sidoarjo bisa tetap menjaga sidoarjo. Sidoarjo harus tetap kompak, tidak diributkan urusannya Kongres maupun KLB. Yang penting Sidoarjo tetap terjaga dengan baik, tidak ada permusuhan, tidak ada saling menyalahkan. Sidoarjo tetap satu, siapapun PP nya, siapapun pengwilnya silahkan”.

Dan dipenghujung acara, Ketua Pengda Sidoarjo IPPAT, Muhammad, SH.,MKn., memberikan apresiasi terhadap pengurus yang hadir dan telah memberikan partisipasi terhadap semua kegiatan yang dilakukan INI/IPPAT pengda Sidoarjo.

“Kegiatan ini merupakan wujud penguatan kita terhadap organisasi. Semoga apa yang sudah dilakukan bisa dipertahankan dan yang belum terlaksana bisa dilanjutkan,” pungkasnya. (Den)

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!