BeritaDaerahWilayah

Pelaksanaan Seleksi ALB Periode Agustus di Surabaya Terbagi Dua

Ketua Pengda Surabaya bersama Panitia Pelaksana Seleksi ALB Surabaya

Bagikan Ke

Surabaya, halonotariat.id – Setiap orang yang telah lulus pendidikan Kenotariatan, untuk terdaftar sebagai anggota perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia (INI), maka wajib mengikuti pelaksanaan seleksi Anggota Luar Biasa (ALB). Dimana permohonannya dilakukan pada pengurus Daerah (pengda) yang menyelenggarakan Seleksi ALB.

Ketua pengda Surabaya, Justiana, SH., saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pelaksanaan seleksi ALB periode Agustus 2021 di Wilayah Jawa Timur, telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021 di 2 (dua) tempat secara bersamaan. Yaitu di Surabaya Hotel Samator Novotel dan di Gresik Hotel Horison GKB.

“Karena masih dalam Situasi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), Pelaksanaan Seleksi ALB tetap dilaksanakan di 2(dua) tempat sekaligus, supaya peserta tidak terlalu banyak dan dapat lebih leluasa menjaga jarak, serta dapat melaksanakan kegiatan sesuai prokes Covid-19,” ungkap Justiana.

Sebenarnya seleksi ALB yang didelegasikan Pengurus Pusat INI kepada  pengurus wilayah (pengwil), pengwil Jatim mendelegasikannya kepada pengda-pengda sebagai pelaksana kegiatan.

Panitia dan Tim Penguji bersama Ketua Pengwil Jatim

Awalnya menurut Justiana, ketua pengwil menawarkan pelaksanaan di 3 tempat, yaitu Jember, Malang dan Surabaya. Sehubungan Jember dan Malang masih belum bisa melaksanakannya,maka hanya Surabaya yang mengusahakannya untuk dapat terlaksana sesuai periode seleksi ALB yang telah ditetapkan peraturan perkumpulan INI no. 14/Perkum /INI/tahun 2018 pada pasal 8.

Sebagaimana kesepakatan hasil rapat Pengda Surabaya, untuk pembatasan kapasitas peserta, panitia hanya mampu mengakomodir maksimal hanya 50 peserta saja. Hal tersebut dijelaskannya karena masih dalam situasi PPKM dan menghindari terjadinya segala sesuatu yang tidak diinginkan. Sebab berkumpulnya dengan jumlah orang banyak, walaupun sudah mensyaratkan antigen, biasanya ada saja resiko-resiko yang tidak terduga yang kemungkinan terjadi.

Lalu ditawarkanlah kepada pengda Gresik dan di setujui, maka dibuatkan satu pengumuman seleksi ALB dengan pengisian google form peserta yang bisa memilih pelaksanaan seleksi ALB di Surabaya atau di Gresik untuk periode Agustus 2021 ini.

Baca Lainnya:  Akses Menuju RP3YD Aman, Tinggal Pelaksanaannya Saja

Akan tetapi lanjut Justiana, dari peserta yang mendaftar, semua memilih surabaya. Sebagaimana kebijakan diawal pelaksanaannya di Surabaya dan Gresik, maka peserta di bagi 2 (dua). Yaitu 32 peserta melaksanakannya di Surabaya dan 30 peserta melaksanakannya di Gresik.

Selain itu Panitia juga menyediakan transportasi untuk peserta yang berangkat dari Surabaya untuk dapat mengikuti pelaksanaan seleksi ALB di Gresik. “Pelaksanaanpun bisa berjalan lancar sesuai amanah organisasi, tidak banyak berkumpul orang, sehingga bisa lebih leluasa dalam menjaga jarak dan dapat melaksanakan sesuai protokol kesehatan Covid-19 yang dianjurkan pemerintah,”tutup Justiana mengakhiri penjelasannya. (DN)

Bagikan Ke

admin
the authoradmin
error: Dilarang Copas !!