BeritaDaerah

Optimalisasi Era Digital Mewujudkan PPAT Gresik Berkualitas Dalam HUT IPPAT Ke-34

Narasumber Dr. Asep Heri dan Dr. Habib Adjie bersama Para Pengurus Gresik

Bagikan Ke

Gresik, halonotariat.id – Dalam rangkaian menyambut Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) ke-34, Pengurus daerah (Pengda) Gresik IPPAT  bersinergi dengan Kantor Pertanahan (Kantah) ATR/BPN Gresik dan BPPKAD Gresik, menyelenggarakan acara Peningkatan Kualitas PPAT dengan tema “Optimalisasi Peran PPAT di Era Digital” di Kantor Bupati Gresik lantai 4, Ruang Mandala Bhakti Praja (21/9/2021).

Lolitawati A.Md  SH. MKn., Selaku Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan, kegiatan itu tercatat sebanyak 165 peserta offline, yang semua peserta merupakan PPAT Gresik.  Dan terdapat peserta lainnya yang mengikuti pelaksanaan secara online, mulai dari PPAT bersama staffnya dan beberapa petugas Kantah ATR/BPN Gresik serta beberapa petugas BPPKAD Gresik.

Ketua dan Panitia Pelaksana Acara

Adapun Tujuan dari kegiatan ini, menurutnya tidak lain agar semua PPAT di lingkungan kerja Kab. Gresik mengetahui dan memahami berlakunya peraturan-peraturan baru, serta menguasai cara penggunaan aplikasi yang dipersembahkan oleh ATR/BPN dan BPPKAD. Yang tentunya berkaitan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab pekerjaan sebagai PPAT, sehingga mewujudkan PPAT Gresik yang berkualitas.

Dalam rangkaian menyambut perayaan HUT Organisasi IPPAT ke-34 kali ini, Ketua Pengda Gresik IPPAT, Sulikarmiati, SH., MKn., berkeinginan mempersembahkan beberapa hal kepada anggota, yang harus disikapi bersama dalam era digital ini.

Narasumber Bimtek Kantah ATRBPN dan BPPKAD Gresik

Salah satunya mengadakan Bimbingan Teknik (Bimtek) dari Kantah ATR/BPN Gresik mengenai Aplikasi online PANUTANKU (Pantau Ukur Tanahku) yang sehari-hari dilakukan PPAT di Gresik dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya, sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik dan tanpa resiko.

Bukan hanya itu, Suli juga mengatakan, bagaimana merealisasikan tugas sehari-hari sehingga dapat mengoptimalkan peran aplikasi e-BPHTB online. Untuk itu, acara ini juga menghadirkan Bimtek dan arahan dari tim BPPKAD yang memaparkan kemudahan mengakses aplikasi e-BPHTB online dan solusi-solusi dari persoalan yang dialami.

Baca Lainnya:  Metanoia Pancarkan Wajah Kristus Dalam PD Oikumene Notaris/PPAT IMMANUEL Jawa Timur

Dengan diberlakukannya Permen ATR/BPN no.16 Tahun 2021, menurut Suli, PPAT juga harus berhati-hati. Oleh karenanya, pengda Gresik IPPAT menghadirkan Narasumber yang berkompeten. Yakni, Kepala Kantah ATR/BPN Gresik, Dr. Asep Heri, SH., MH dan Dr. Habib Adjie, SH., MHum., Praktisi yang juga merupakan Majelis Pengawas dan Pembina PPAT Pusat.

Wakil Bupati Gresik bersama Ketua Pengda, Kakantah, BPPKAD dan peserta Pengingkatan Kualitas PPAT

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Wakil Bupati Gresik, Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd.,yang memberikan dukungan atas pelaksanaan kegiatan acara itu.

“Selamat merayakan HUT IPPAT ke-34, Mudah-mudahan di usia yang matang ini, dapat membantu pemerintahan di Kabupaten Gresik khususnya dalam hal pemberian pelayanan-pelayanan bagi masyarakat,” ungkap Aminatun Habibah dalam sambutannya. (DN)

Bagikan Ke

admin
the authoradmin
error: Dilarang Copas !!