BeritaWilayah

Diklat Kepemimpinan INI-IPPAT Pengwil Jatim di Depo Pendidikan Bela Negara RINDAM V BRAWIJAYA yang Luar Biasa

Bagikan Ke

Malang, halonotariat.id – Fungsi kepemimpinan yang baik, sangatlah penting dan dibutuhkan dalam berkehidupan dan berorganisasi atau perkumpulan. Baik untuk keberadaannya maupun kemajuan dalam mengelola organisasi atau perkumpulan itu sendiri.

Untuk itulah Program kerja Bidang Kaderisasi dan Kepemimpinan Pengwil Jatim INI bekerjasama dengan Bidang Kepemimpinan Pengwil Jatim IPPAT menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (DIKLATPIM) di Resimen Induk KODAM V (RINDAM V) BRAWIJAYA Depo Pendidikan (Dodik) Bela Negara Malang pada 12-13 Agustus 2022.

Ketua Panitia Pelaksana, Sulikarmiati, SH.,MKn., yang juga Ketua Bidang Kaderisasi dan Kepemimpinan Pengwil Jatim IPPAT mengatakan kegiatan ini dimulai pada kamis malam (11/8/2022), dimana para peserta terlebih dahulu mengikuti Mindik awal sebelum pelaksanaan kegiatan esoknya di mulai.

Prosesi Upacara Pembukaan dan Serah terima peserta DIKLATPIM

Pada esok harinya (12/8/2022), dalam acara Upacara pembukaan, Sulikarmiati, melaporkan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 80 Notaris/PPAT, namun saat pembukaan acara hadir 65 peserta dan bertambah 5 sehingga total 70 peserta didik, sedangkan 10 orang lainnya ijin dikarenakan kondisi kesehatan.

Disampaikannya juga mewakili Ketua Pengwil Jatim IPPAT yang berhalangan hadir saat pembukaan acara, dikarenakan Dr Isy Karima Syakir sedang mempersiapkan penyelenggaraan HUT IPPAT yang akan dilaksanakan pada bulan September bersama Kanwil ATR/BPN menghadap Kementerian ATR/BPN untuk mengundang hadirnya Menteri ATR/BPN dalam pelaksanaannya nanti di Jawa Timur.

Tentunya setelah pelaksanaan Konferda IPPAT di setiap daerah seluruh Jatim, telah terpilih para ketua Pengda , pengurus dan anggota baru yang menurut Suli, dibutuhkan wawasan dan pengetahuan mengenai pola kepemimpinan yang baik demi memajukan organisasi INI-IPPAT tercinta.

Ketua Pengwil Jatim INI, Kabid Kaderisasi dan Kepemimpinan INI-IPPAT bersama Dodik Bela Negara

Dalam sambutannya, Ketua Pengwil INI Jatim, Siti Anggraeni Hapari, SH., MH., berharap DIKLATPIM ini akan memberikan manfaat positif, akan memberikan jiwa kepemimpinan, melahirkan kedisiplinan, melahirkan cinta terhadap tanah air.

Baca Lainnya:  Webinar Series Pertama Pengda INI Kaltara

Henny menambahkan bahwa DIKLATPIM yang dilaksanakan singkat selama 2 hari ini, semoga dapat diterapkan didalam keilmuan dan kehidupan sehari-hari. Serta menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik dalam meningkatkan penerapan kepemimpinan dan kaderisasi dalam berorganisasi.

Ketua dan perwakilan Pengda Se-Jawa Timur bersama Dodik Bela Negara

Pelaksanaan dihari pertama (12/8/2022), lanjut Ketua Bidang Kaderisasi dan Kepemimpinan Pengwil Jatim INI, Fachria Lapasere, SH., dilakukan prosesi penyerahan siswa sebagai peserta Diklatpim dari INI dan IPPAT Pengwil Jatim kepada Dodik Bela Negara, yang diterima oleh Letkol Armed Sugeng Budiharto Selaku Komandan Dodik Bela Negara.

Kemudian, peserta mulai melakukan aktifitas DIKLATPIM yang meliputi Pendidikan Baris Berbaris (PBB), Pendidikan Kedisiplinan, Kepemimpinan, PPM, Proxy war, metode pemecahan masalah, Wawasan Kebangsaan sampai pelaksanaan apel malam.

Suasana Pelaksanaan DIKLATPIM

Di hari ke-2 (13/8/2022) agenda pendidikan berikutnya dimulai dengan Bimsuh dan Apel pagi. Yang dilanjutkan Pendidikan Baris Berbaris (PBB), PPM, Outbond fun and game yang diakhiri dengan upacara penutupan Pendidikan.

Ketua Pengwil Jatim IPPAT, Dr Isy Karima Syakir, SH., MKn., MH., yang menyempatkan hadir di sela-sela kegiatan DIKLATPIM menyampaikan apresiasinya dari hasil yang telah didapatkan peserta INI dan IPPAT.

Ketua Pengwil Jatim IPPAT di hadapan Peserta DIKLATPIM

“Luar biasa, baru beberapa jam saja ya, sudah kompak seperti ini,” ujarnya. Rasa senang dan bangga serta permintaan maafnya atas keterlambatan hadir dikarenakan ada kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan. Dan menceritakan persiapan-persiapannya menjelang HUT IPPAT di Jatim.

Dan diharapkannya, dengan DIKLAPIM ini nanti bisa menjadi contoh yang baik dalam pelaksanaan tugas maupun kehidupan sehari-hari menjadi pemimpin, minimal di kantor Notaris/PPAT, seperti yang dicontohkannya. (Den/red)

Bagikan Ke

error: Dilarang Copas !!