Berita

Usulan Koperasi Produsen SIM Terhadap Asper Jatirejo dan KRPH Pandansari

Bagikan Ke

Mojokerto, halonotariat.id – Asper BKPH Jatirejo dan RKPH Pandansari BKPH Jatirejo turut hadir dalam silaturahmi KPH Pasuruan ke Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani (SIM) di Basecamp Blogong Gumeng Gondang Mojokerto pada Kamis (27/6/2024).

Sebagai pemegang wilayah hutan Blogong, Mohammad Soleh, Asper BKPH Jatirejo bersama Marsahid, KRPH Pandansari BKPH Jatirejo, turut serta menghadiri silaturahmi sebagai tindaklanjut usulan Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani oleh Tim KPH Pasuruan.

“Dengan adanya kerjasama dengan koperasi ini, di harapkan bisa mengangkat SDM Masyarakat Blogong dan sekitarnya, terkait dengan ekonominya. Karena disini ekonomi nya menengah kebawah”, harapan Mohammad Soleh Asper BKPH Jatirejo KPH Pasuruan ketika ditemui awak media.

Dan tidak kalah pentingnya, lanjut Soleh, dari kawasan hutan Blogong ini untuk menjadikan hutan lestari, perlu adanya penggiat-penggiat seperti Koperasi Produsen SIM ini. Sehingga orang yang berbuat negatif nantinya akan tumbuh rasa meniru dan mencontoh yang dilakukan koperasi ini.

“Kami pada saat patroli masuk kawasan tidak mendapati lagi adanya gangguan pada ekosistem hutan, masyarakat sekitar dengan di canangkan program agroforestri, koperasi ini bisa berfikir ulang untuk melakukan hal yang negatif tersebut. Apalagi pada musim kemarau, sering terjadi kebakaran hutan. Kedepan bisa di minimalisir dan bisa mengangkat perekonomian masyarakat”, ungkapnya

Ditambahkan Soleh, bahwa masyarakat yang pengangguran, bisa termanfaatkan tenaganya dan mungkin dengan koperasi ini, bisa memberikan pelatihan cara bercocok tanam yang baik dan benar. Selain itu juga para wanitanya, bisa di bina menjadi pengusaha UMKM yang bisa menghasilkan produk – produk unggulan Blogong ini, urainya.

“Terimakasih atas pertemuan Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani dengan tim KPH Pasuruan, kami sebagai pemegang wilayah sangat respont sekali karena tujuannya juga untuk kemakmuran masyarakat sekitar hutan, kesejahteraan koperasi dan pelestarian hutan, harapan kami tidak ada gab, jadi semua bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada pihak yang di rugikan dalam kerjasama tersebut” ujar Marsahid, KRPH Pandansari BKPH Jatirejo, penuh harap.

Baca Lainnya:  Segera Hadir Seminar Pembinaan Kode Etik dan Diskusi Hukum INI-IPPAT Pengda Badung

Sementara, Ketua Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani, Bardio Novianto, menyampaikan kegembiraannya, “Alhamdulilah Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani merasa senang atas kunjungan dari KPH Pasuruan, Asper BKPH Jatirejo serta KRPH Pandansari BKP Jatirejo di Basecamp kami yang ada di Blogong ini”

“Tentunya kami punya harapan. Adanya kolaborasi atas kerjasama ini, supaya langkah kami, sesuai dengan arahan. Karena kami bersama dengan pihak yang lebih paham tentang hutan, bisa lebih mudah untuk mengaplikasikan konsep agroforestri ini”, ucap Bardio penuh harap.

Selain itu, Koordinator Divisi Pertanian dan Perkebunan Koperasi Produsen Serambi Indonesia Madani, Sentot Adi Pramono, berharap, apa yang merupakan program Koperasi ini, nantinya mendapat support penuh dari pihak-pihak pemegang wilayah. Impian integrated Farming itu akan terwujud dengan baik.

“Bisnis jika dikelola dengan serius dan benar, sesuai dengan aturan, akan membawa keberkahan bagi semuanya. Mungkin bisa jadi kedepannya wilayah ini bisa jadi bisnis hutan percontohan yang ada di Jawa Timur khususnya,” ungkap Sentot menyampaikan impiannya. (Heni)

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!