BeritaDaerahWilayah

Ruang Berbeda, Hari Yang Sama Seleksi ALB dan Maber Pengwil Jatim INI

Bagikan Ke

Surabaya, halonotariat.id – Pengurus Wilayah Jawa Timur (Pengwil Jatim) Ikatan Notaris Indonesia (INI) Menyelenggarakan Pembekalan dan Seleksi Anggota Luar Biasa (ALB) bersamaan dengan Pelaksanaan Magang Bersama (Maber) di ruang yang berbeda satu area Novotel Samator Surabaya pada Sabtu, 26 Agustus 2023.

Dalam pelaksanaan Seleksi ALB, Ketua Panitia Pelaksana dari Pengurus Daerah (Pengda) Madura Raya, Agus Kurniawan, SH.,MKn., menyampaikan sebanyak 62 peserta calon ALB mengikuti serangkaian pembekalan yang nantinya melaksanakan ujian tulisan dan lisan.

“Saya berpesan kepada para calon ALB pada saat acara ini berlangsung, tolong diperhatikan apa yang disampaikan oleh narsum (nara sumber-red). Supaya bisa menjawab apa yang ditanyakan para penguji nantinya”, ungkap Ketua Pengda Malang Raya ini.

Ketua Panpel Seleksi ALB, Sekertaris Pengwil Jatim INI dan Narasumber bersama Peserta

Sementara Gatot Tri Waluyo, SH., selaku sekertaris Pengwil Jatim INI, yang mewakili Ketua Pengwil Jatim INI yang berhalangan hadir karena masih dalam perjalanan dari Jakarta, menyampaikan bahwa Pengda Madura baru pertama kali ini menyelenggarakan dan membantu bekerjasama dengan Pengwil Jatim INI dalam kegiatan pembekalan dan seleksi ALB di Novotel Samator ini.

“InsyaAllah kegiatan-kegiatan seleksi ALB atau kegiatan INI Jatim lainnya bisa bergilir di seluruh daerah INI yang sekarang ini ada 18 pengda di kabupaten/kota di Jatim,” ungkap Gatot.

Dirinya berharap pembekalan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan sebagai calon notaris dan tentunya panpel maupun pengwil INI selalu mengikuti ketentuan dan peraturan perkumpulan dan tidak bermaksud untuk menghambat calon notaris guna memenuhi segala persyaratan yang ditentukan di dalam pengajuan permohonan atau syarat-syarat menjadi seorang notaris.

“Setelah seleksi calon ALB, rekan-rekan menjadi anggota INI, kemudian mengikuti kegiatan Magang selama 2 tahun dan Magang bersama untuk semenster 1,2,3,dan 4, ” jelasnya.

Baca Lainnya:  Rakerwil dan Rapat Gabungan Pengwil Jatim IPPAT, Rumuskan Materi Untuk Rakernas 2023

Usai Pembekalan calon ALB dari R.Imam Rahmat Sjafi’i, SH., MKn dan Dwi Rosulliati, SH., dilaksanakan ujian tulis selama 90 menit, dilanjutkan ujian lisan secara bergantian yang di uji oleh senior serta ketua pengda di wilayah kerja Jawa Timur.

Perkenalan Para Penguji ujian Lisan Seleksi ALB

Sementara di gedung yang lain, kegiatan Maber yang dilaksanakan Pengwil Jatim sesuai yang disampaikan Ketua Panitia Pelaksana, Peni Nuswantari S.H., M.Kn., sebanyak 157 peserta.

“Jumlah fix peserta magang semester 1 sebanyak 34 peserta ( di Ruang Helium), semester 2 sebanyak 64peserta (Ruang argon + oxygen), semester 3 sebanyak 40 peserta(Ruang crypton) dan semester 4 sebanyak 19 peserta (Ruang Neon),” jelasnya.

Adapun pemateri untuk semester 1 hingga Semester 4, terdiri dari DR. ERNA ANGGRAENIE, SH., YUIDA, SH., DWI ROSSULIATI, SH., DR DIAH AJU WISNUWARDHANI, Dr. A.A. ANDI PRAJITNO, GATOT TRIWALUYO, SH., WAHYUDI SUYANTO, SH., WIMPHRY SUWIGDJO, SH., dan MAHMUD FAUZI, SH.

Pemateri Maber Pengwil Jatim, Dr.Diah Aju, bersama Panitia dan Peserta Semester 2A

Disela-sela ujian tulis Seleksi ALB, Ketua Pengwil Jatim, Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH., hadir dan menyampaikan kepada halonotariat bahwa pelaksanaan seleksi ALB dan MABER itu sudah ada di dalam peraturan perkumpulannya. Waktu pelaksanaannya sudah ditetapkan di bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.

Yang berbeda itu menurutnya dalam hal pelaksanaan. Karena untuk seleksi ALB itu biasanya dilaksanakan oleh pengda sendiri secara mandiri atau gabungan Pengda-Pengda atau pengda bersama Pengwil dan bisa juga pengwil bersama pengda.

“Kalau kali ini memang yang mengadakan pengda dan di dukung oleh pengwil,” ucapnya.

Pemateri Maber Pengwil Jatim, Dr.Andi Prajitno, bersama Panitia dan Peserta Semester 2B

Sebagaimana diketahui, Jawa Timur terdapat penyelenggara Prodi Kenotariatan ada di Surabaya, Malang, dan Jember. Ada Pengda yang mengadakan mandiri, biasanya Malang, Jember maupun Surabaya.

“Memang Seleksi ALB dilaksanakan oleh Pengda-Pengda, tapi biasanya kita (Pengwil-red) juga selalu mendukung dan memfasilitasinya. Karena soal dan rekomendasinya dikeluarin oleh Pengwil. Jadi kita masih mendukung dalam pelaksanaannya dan kalau dilaksanakannya itu tidak pada hari yang sama, atau hari yang sama itu, memang tergantung pada momennya”, jelasnya.

Baca Lainnya:  Magang Bersama Pengwil Jatim INI Cepat, Tepat dan Akurat
Pemateri Maber Pengwil Jatim, Mahmud Fauzi, bersama Panitia dan Peserta Semester 4

Diakuinya selama bulan Agustus ini banyak sekali kesibukan (Kegiatan organisasi), seperti peringatan HUT RI ke-78 beserta Penutupan Perayaan HUT INI ke-115 Notaria Fest Jatim, belum lagi event internasional UINL dan termasuk seringnya dilibatkan dalam rapat persiapan jelang Kongres XXIV yang akan dilaksanakan akhir Agustus ini.

“Untuk Agustus ini karena memang waktunya sudah mepet, maka kemudian kita adakan secara bersama-sama, antara seleksi ALB dengan Maber. Tapi dengan catatan memang ini di tempat yang terpisah, walaupun masih satu lokasi. Agar memudahkan untuk koordinasi dan tidak ada pelanggaran. Sebab disini yang mengadakan adalah Pengda Madura, sedangkan kalau Maber dilaksanakan oleh Pengwil Jatim INI,” pungkasnya. (Den/red)

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!