BeritaNasional

PP INI ‘Wariskan’ Dua Kado Untuk Anggota Dalam HUT INI Ke-115 Tahun

Bagikan Ke

Jakarta, halonotariat.id – Momentum peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Notaris Indonesia ke 115 Tahun yang diselenggarakan pada (1/7/2023) ditandai dengan selesainya tahap pondasi pembangunan Gedung Sekretariat Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI) di Jalan Minangkabau, Jakarta Selatan yang sekaligus menandakan progress pembangunan mencapai 15%.

Sejumlah PP INI tampak hadir dalam perayaan HUT INI Ke-115 Tahun, dalam sambutannya Ketua Umum PP INI Yualita Widyadhari menuturkan, “Hari ini secara simbolis mensyukuri bahwa INI berusia 115 tahun dimana untuk tema kali ini adalah Bersinergi Dalam Kebersamaan, Bersatu Dalam Organisasi, dengan tema ini terus kita perjuangkan agar INI maju dan semakin maju lagi,” tuturnya.

Ditengah dinamika yang luar biasa, imbuh Yualita, setiap 3 (tiga) tahun sekali, namun begitu kami tetap fokus bekerja dengan program-program yang sudah direncanakan sejak 3 tahun yang lalu, meskipun 2 tahun mengalami pandemic dan ada sekitar 250 orang yang meninggal terkena covid-19. Adapun program yang masih harus diselesaikan adalah Seminar Internasional yang dilaksanakan di Yogyakarta dengan kepesertaan dari 9 Negara Asia dan Presiden UINL, dimana materi menekankan pada kesiapan notaris dalam era digital.

Dalam sambutan tersebut, Yualita juga menyampaikan, “Selain seminar nasional juga kami sedang dan terus dikerjakan terkait E-vote Nasional untuk penyelenggaraan Kongres INI Agustus mendatang, dimana hal itu dilakukan oleh 3 Tim (Tim Pemilihan, Tim Verifikasi dan Tim Pengawas), Badan Siber dan Sandi Negara, Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Komunikasi dan Informatika, dimana saya sendiri tidak terlibat dan bersikap netral. Insya Allah pada 15 Juli akan diumumkan kelulusan hasil Ujian Kode Etik Nasional, selain itu PP INI telah membuat buku perjalanan 115 tahun INI dan tentunya mengapa perayaan dilaksanakan disini, karena kami ingin bagaimana anggota mengetahui perkembangan dan pembangunan Pusat Pendidikan dan Latihan, serta Sekretariat PP INI yang kedepannya akan menjadi ikon bagi Anggota ALB dan Anggota Biasa INI,” ujarnya mengakhiri sambutan.

Baca Lainnya:  Penyuluhan Hukum IPPAT Jatim di Surabaya Libatkan Warga dan Mahasiswa
Albert Richi Aruan saat memberikan penjelasan singkat terkait Buku Perjalanan INI

Usai sambutan Ketum PP INI mempersilahkan salah satu penulis Buku Perjalanan INI ke-115 Tahun yakni rekan Albert Richi Aruan untuk menerangkan Buku tersebut, secara singkat menuturkan, “Buku ini bergaya Edunovel yang diharapkan agar lebih mudah dipahami oleh pembaca,” ucapnya singkat.

Tibalah acara yang ditunggu yakni Pemotongan Tumpeng dan Pemotongan Kue dengan diiringi lagu Selamat Ulang Tahun dari Band Jamrud. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Sambutan rekan Firdhonal selaku Sekretaris Dewan Kehormatan Pusat (DKP) menuturkan, “Pelaksanaan HUT INI dengan kesederhanaan ditempat yang menjadi saksi sejarah pada HUT Ke 115 tahun, bahwa Sekretariat masih dalam tahap pembangunan dan sejumlah tiang beton, semoga menjadi tonggak berdirinya Gedung Sekretariat PP INI, ucapnya.

Walaupun fitnah yang menerpa PP tetaplah semangat dan teguhkan, tambah Firdhonal, dalam pelaksanaan pembangunan Gedung Sekretariat INI sebagai Pusat Pendidikan dan Pelatihan. Semoga INI terus jaya dan selalu berkontribusi bagi negara, mengingat dengan usia 115 Tahun perkumpulan harus dijaga harkat dan martabat oleh seluruh anggota INI. Dalam kesempatan ini saya mengangkat topi, dimana saya melihat pengabdian yang luar biasa dari pengurus dalam mendedikasikan dirinya untuk perkumpulan, ujarnya menyampaikan sambutan.

Saat konferensi Pers, Sekretaris Umum Tri Firdaus Akbarsyah menjelaskan secara detail tekait pembangunan Gedung Sekretariat

Saat konferensi Pers, Sekretaris Umum Tri Firdaus Akbarsyah menjelaskan secara detail tekait pembangunan Gedung Sekretariat, “Pembangunan Gedung Pusdiklat dan Sekretariat PP INI biayanya pembangunan sebesar 11 Milyar Rupiah yang struktur bangunan 4 lantai dilengkapi ruang kantor sekretariat dan Hall yang menampung 200 sampai 400 orang, serta menggunakan material marmer dan kayu merbau,” jelasnya.

Adapun Ketua Umum PP INI kembali menegaskan dalam konpers, “bahwa Pendanaan ini dalam pembiayaan pembangunan Gedung dari Anggota-anggota melalui Pengurus Wilayah, diantaranya Pengwil Jawa Timur, Pengwil Banten dan Pengwil Jabar. Perlu saya sampaikan bahwa per hari ini progress pembangunan mencapai 15% dan Insya Allah Agustus akan terbangun struktur bangunan Gedung Sekretariat dan Pusdiklat PP INI,” harapnya. (ANR)

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!