BeritaDaerah

Kemasan Halal Bi Halal Pengda Pasuruan INI dan IPPAT Menambah Keberkahan dan Keilmuan Yang Berkualitas

Bagikan Ke

Pasuruan, halonotariat.id – Pentingnya mengemban amanah dalam pelaksanaan Tugas dan Jabatan sebagai Notaris maupun PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah), menjadi latar belakang terselenggaranya acara Halal bi Halal Pengda INI dan IPPAT Pasuruan, berikut Sosialisasi Beneficial Ownership (BO) dan Prinsip Mengenai Pengguna Jasa (PMPJ) Notaris, serta Pembinaan PPAT yang dilaksanakan di BJ Perdana Hotel & Resort Kota Pasuruan pada Selasa (16/5/2023).

Ketua Pengda Pasuruan INI, Zahirah Bachmid, SH., menjelaskan bahwa awal ide 3 kegiatan yang dikemas dalam satu acara ini, karena adanya masukan dari anggota, agar penyelenggaraan Halal bi Halal bisa lebih hidup dan bermanfaat. Selain keberkahan, juga menambah keilmuan yang berkualitas sehingga dapat menopang pelaksanaan Tugas dan Jabatan sebagai Notaris maupun PPAT.

Seluruh Undangan dan Anggota yang hadir dalan Acara

“Alhamdulillah dari 75 anggota yang mendaftar sebelum acara, ternyata hadir lebih kurang 83 peserta,”ungkapnya. Dan hadir juga sebagai undangan Ketua Pengwil Jatim INI, Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH, Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan dan Kadiv. Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Jatim, Subianto Mandala, SH, LLM., yang memberikan materinya langsung terkait Beneficial Ownership (BO) dan PMPJ.

Menurut Zahirah, Sosialisasi BO dan PMPJ dirasa sangat penting menjadi materi untuk disajikan. Karena terblokirnya korporasi yang tidak mencantumkan BO, Notaris seringkali menjadi tempat bertanya pelaku usaha karena tidak bisa melakukan proses selanjutnya seperti perubahan Anggaran Dasar dan lainnya.

“Jadi kita perlu tahu dari Kementerian, maksud dan tujuannya, sehingga kami bisa menjelaskan kepada klien dengan dasar peraturan,” terangnya.

Aswar (kiri) bersama pemateri dari kantah kota dan kab.Pasuruan serta Ketua Pengda IPPAT R.Robby Pramadi S(tengah)

Sementara Sekretaris Pengda Pasuruan IPPAT, Aswarush Sholihin A.Rochim, SH., MKn., mengatakan Pembinaan PPAT yang merupakan kegiatan rutin dari kantah kota dan Kab. Pasuruan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas PPAT. Dan dalam kesempatan itu, disampaikan catatan-catatan dari inspektorat terkait pekerjaaan PPAT yang di terima Kantor Pertanahan seperti prosedur-prosedur pembuatan akta dan lainnya.

Baca Lainnya:  Fullday Seminar Klausula Arbitrase Dalam Akta Notaris

Dengan adanya acara seperti ini pastinya menjalin hubungan erat satu sama lain bersama dengan instansi-instansi terkait dan tentunya Kegiatan Pengda Pasuruan INI-IPPAT akan senantiasa harmonis untuk kepentingan anggota,” tutup Aswar sapaannya. (Den)

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!