BeritaUmum

Bambang Suwondo: Tuanku Ya Rakyat, Jabatan Cuman Mandat

Bagikan Ke

Tangerang, halonotariat.id – Gegap gempita pemilihan umum tahun 2024 kian menggema, berbagai alat peraga kampanye dengan menampilkan para Calon Anggota Legislatif menghiasai jalan.

Dalam suasana keriuhan tersebut nampak
H. Bambang Suwondo, S.H. Sp.N., M.H., notaris-PPAT Kota Tangerang, Banten, meramaikan pesta demokrasi 5 tahunan, saat ditemui redaksi, (6/9) di kediamannya di bilangan Cipondoh Kota Tangerang, menuturkan, ” Saya ini terdaftar sebagai Calon Legislatif DPR RI Dapil 2 Banten wilayah Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon nomor urut 2 dari PDI Perjuangan”.

Suami dari AKBP Maryati Seravica, S.H., menambahkan, saya merasa sudah cukup menjadi Notaris-PPAT di kota Tangerang ini dan sekarang saatnya terjun ke dunia politik, barangkali nanti Tuhan mengizinkan saya ditakdirkan menjadi legislatif DPR RI.

“Jadi bagian hidup saya ini semoga bisa mengabdikan diri kepada masyarakat, jika sebelumnya mengabdikan di bidang jasa dan praktisi hukum. Apalagi dengan 3 (tiga) anak saya yakni Willyanto Baruna Suwondo, S.H., M.Kn., PPAT Kota Tangerang Selatan, Rudalfyanto Isroni Suwondo, S.H., M.Kn., PPAT Kabupaten Tangerang dan Bungaviola Aryati Suwondo, S.H., M.Kn., yang saat ini sudah mendapatkan SK PPAT di Kabupaten Pandeglang, jadi saya sudah serahkan kepada anak-anak saya,” ucapnya.

Adapun mengenai asal muasal terjun ke politik, tambah Bambang, saya sebenarnya dalam hati ini sudah dari dulu ikut berkecimpung di dunia politik, tetapi tidak kelihatan ya karena saya orang Jawa Tengah yang notabenenya memang daerah merah (markas PDIP-red). Saya pernah menjadi tim sukses adik saya menjadi kepala desa selama 4 periode, membantu sebagai Tim Sukses menjadi walikota Tangerang 2 Periode, membantu teman menjadi gubernur banten dan menjadi bagian Tim Kampanye Daerah (TKD) Banten, Jokowi-KH. Ma’ruf Amin 2019 lalu.

Baca Lainnya:  Memahami Putusan MA RI No.20 PK/Pid/2020 Bagi Notaris Dalam Pusaran Masalah Hukum

“Denga sering bantu orang lain, sekarang mencoba untuk diri sendiri, barangkali masyarakat yang saya sering blusukan lalu ke kampung-kampung dan masyarakat untuk memperkenalkan diri sendiri untuk memilih saya, sehingga saya juga dapat menilai sejauh mana masyarakat mengenal saya, dan ini pertama kali saya” mencalonkan diri dan langsung ke DPR RI,” ungkapnya.

Lanjut Bambang, jika ditakdirkan menjadi anggota DPR, tentunya berharap bisa masuk ke Komisi 3 atau Komisi 2 dan Komisi 6, namun begitu praktisi hukum sebenarnya fleksibel. Iyaa kalau boleh memilih masuk ke komisi 3 DPR RI, karena saya melihat banyak rekan notaris yang terjadi benturan hukum, sehingga aspirasi rekan-rekan bisa saya bawa ke pusat, paling tidak sedikit membantu rekan notaris-PPAT.

“Kebetulan keluarga inti saya semua orang hukum, istri seorang polisi, saya seorang Notaris-PPAT dan Pejabat Kelang Kelas, artinya bahwa saya mengerti kehidupan hukum. Bangsa Indonesia maunya hukum ditempatkan sebagai panglima, jika hukum sudah tercapai sebagai panglima negara dan hukum sudah ditegakkan, maka negara akan maju,” harapnya.

Wajah hukum indonesia saat ini, lanjut Bambang, Problemnya adalah jika hukum bisa diperjualbelikan, kedepan negara kita sudah bisa patuh dan sadar hukum agar kesemuanya berjalan dengan baik. Misalnya saja, jika rekan-rekan notaris menghendaki adanya perubahan UU Jabatan Notaris, jika saya diamanahkan di DPR RI tentunya akan saya bantu.

“Saya ditugaskan DPP PDIP disiapkan sebagai petarung, di mana tempatnya ya kita harus bisa mengajak masyarakat untuk memilih sebanyak-banyaknya, sebagai petarung haruslah fleksibel masuk di lingkungan di lingkungan alim ulama, anak muda atau milenial, petani, birokrat dan lainnya, supaya tertarik dengan program-program kita kedepan,” tegasnya.

Dalam upaya untuk menari hati masyarakat, Bambang sudah memiliki jaringan di setiap tingkatan, meskipun hal ini tidak bisa saya buka disini, mengingat hal ini bagian strategi-strategi untuk mendapatkan simpati dari masyarakat dan mendapatkan suara sebanyak-banyaknya.

Baca Lainnya:  Silaturahmi Perkenalan Pengda INI dan IPPAT Lamongan Dengan Kakantah Baru

“Dapil 2 Banten ini semua orang baru, sedangkan para petahana yang tadinya di Dapil 2 dipindahkan ke Dapil 3, Insya Allah dengan kita kerja keras dengan berjiwa petarung dan semoga Allah mentakdirkan saya untuk mengemban amanah sebagai wakil rakyat,” harapnya.

Dukungan keluarga semakin menguatkan saya, ucap Bambang, untuk bertarung dalam pemilihan legislatif. Terlebih lagi secara otomatis seiring sejalan membesarkan Partai, memenangkan saya sebagai Anggota DPR dan membantu dan memenangkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang kebetulan dari Jawa Tengah.

“Dengan melihat ada 2 (dua) Caleg lain yang berlatar belakang notaris, tentunya kita boleh berkompetisi dan diharapkan kedepannya akan memberikan sumbangsih yang terbaik bagi bangsa. Kalau Tuhan mengizinkan saya dilantik sebagai Anggota DPR RI, tentu harapan saya ingin men-darmabakti-kan sebagaian sisa hidup saya di Politik dan semoga bisa membantu bagian kecilnya dari legislatif ini khusus di Provinsi Banten dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Selain itu juga, semoga bisa menyadarkan masyarakat Banten sadar karena hukum dan khusus bagi masyarakat di Serang dan Cilegon ini mudah-mudahan mau dan menerima dengan keadaan pemerintahan sekarang dan bisa melihat keadaan ekonomi yang semakin membaik negara semakin maju.

“Dalam pertarungan merebut hati rakyat, saya meneguhkan prinsip politik saya bahwa ‘Tuanku Ya Rakyat, Jabatan Cuman Mandat’, dengan begitu saya akan men-darmabaktikan diri saya untuk kepentingan rakyat, merdekaaa!!!, ujarnya mengakhiri wawancara. (Andy NR)

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!