Berita

Persiapan Pelatihan GTA 2024 Diskominfo Jatim

Bagikan Ke

Jawa Timur, halonotariat.id – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) turut berpartisipasi dalam Persiapan Pelatihan Government Transformation Academy (GTA) Online dan Offline Triwulan II dan III Tahun 2024.

Kepala Diskominfo Jatim, Sherlita RDA, hadir dalam rapat daring yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) melalui platform Zoom pada Rabu, (8/5/2024).

GTA bertujuan untuk meningkatkan kompetensi ASN/Non-ASN yang bekerja di instansi Pemerintah Pusat, Daerah, dan desa dan mempercepat transformasi digital di lingkungan instansi pemerintah.

Rapat yang diikuti oleh perwakilan Diskominfo dari setiap provinsi di Indonesia tersebut, Sherlita memaparkan, terdapat enam program yang diajukan oleh Diskominfo Jatim, di antaranya Junior Network Administrator (JNA), Pemanfaatan Artificial Intelligence (PAI) di Pemerintahan, Video Production for Government Campaign (VP), Visualisasi Data (VD), Data Science Fundamental (DSF), dan Penilaian Kerentanan Keamanan SPBE (PKrKSPBE).  Program- program tersebut akan dilaksanakan secara daring pada bulan Mei 2024 dan luring pada bulan Juni 2024.

Sherlita melanjutkan, Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) di lingkungan pemerintahan (PAI) menjadi prioritas utama dari seluruh program yang disiapkan untuk pelatihan GTA.

“Dari seluruh yang program yang disiapkan, menurut kami, yang akan menjadi super prioritas utama, yakni PAI, karena sesuai komunikasi yang telah kami lakukan dengan BPSDM Jatim, PAI di pemerintahan ini kemarin juga didukung oleh Lembaga Administrasi Negara atau LAN,” lanjut Sherlita.

Terkait pelatihan GTA yang akan diselenggarakan secara luring, Diskominfo Jatim bersedia menyediakan tempat dan peserta pelatihan. “Kami siap menyediakan tempat serta peserta yang akan mengikuti pelatihan,” tutur Sherlita.

Selain dari upaya yang telah dilakukan oleh Kemkominfo RI, Sherlita menambahkan Diskominfo Jatim akan mengeksplorasi strategi pemasaran lain untuk penggunaan AI dalam pemerintahan. Hal ini sejalan dengan fokus pemerintah pada transformasi digital dan efisiensi dalam tugas administratif tahun 2024.

Baca Lainnya:  Baksos, Penyuluhan dan Healing IPPAT Pengda Kab. Malang Memberi Manfaat Bagi Sekitar

“Jadi, selain dari disiapkan oleh program Kominfo, mungkin kami bisa memilih opsi lain untuk pengembangan iklan pemanfaatan AI di pemerintahan, karena di tahun 2024 ini, kami akan fokus pada transformasi digital di administrasi pekerjaan,” tambahnya.

Diketahui, Diskominfo Jatim telah melaksanakan tiga program pelatihan pada tahun 2024, yakni Business Process Engineer, Junior Graphic Design, dan Junior Network Analysis. (zky-frd-yan/s)

Bagikan Ke

Redaksi
the authorRedaksi
error: Dilarang Copas !!