BeritaDaerahNasional

Pengda Banyuwangi INI bersama MPD Meningkatkan Profesionalisme Jabatan Notaris

dibuka oleh Ketua Umum INI, dihadiri Ketua Pengwil jatim, dengan sejumlah Nara Sumber dari PP, Kanwil Kemenkumham dan MPW Jatim.

Bagikan Ke

Banyuwangi, halonotariat.id – Di awal Tahun bulan Januari ini, Kamis (6/1/2022) Pengurus Daerah (Pengda) Banyuwangi Ikatan Notaris Indonesia (INI) Bersama Majelis Pengawas Daerah (MPD) Notaris Banyuwangi dan Situbondo Menyelenggarakan Pembinaan Dan Perlindungan Dalam Rangka Meningkatkan Profesionalisme Jabatan, di Ballroom hotel Kokoon Banyuwangi.

Hadir ketua Umum (ketum) PP INI, Yualita Widyadhari, SH., MKn., yang sekaligus membuka acara, bersama jajarannya, Ketua Pengwil Jatim INI, Siti Anggraeni Hapsari, SH.,MH., beserta Jajaran pengurus, Kanwil Kemenkumham Jatim, pengurus dan anggota Pengda Banyuwangi dan Situbondo INI serta peserta ALB dan Notaris Sejatim lainnya.

Ceremonial acara dimulai dengan tarian Jejer Gandrung, khas Banyuwangi sebagai khasanah budaya penyambutan tanda ucapan selamat datang.

Ketua Pengda Banyuwangi, Ketua Pengwil Jatim dan Ketum PP INI bersama Narasumber

Dalam Sambutannya, ketua Pengda Banyuwangi INI, Zulham Efendi, SH., MKn., mengatakan acara ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan Profesionalitas. Bukan berarti Notaris tidak Profesional akan tetapi harus lebih baik dan lebih Profesional lagi dari tahun kemarin.

Tentu lanjutnya ilmu itu banyak yang terkikis, banyak lupa, bahkan tidak tahu atau belum disadari telah melakukan kesalahan. Oleh karenanya acara seperti ini memberi refresh kembali ilmu-ilmu yang sebelumnya tidak disadari bisa menjadi sadar diri.

Narasumber sesi 1

Sementara Ketua Pengwil Jatim, Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH., mengatakan Pembinaan ini penting untuk mengawali tahun 2022 kepada seluruh peserta yang hadir offline maupun online. Mengingat kuantitas Notaris semakin banyak, sehingga ada kekhawatiran kualitasnya menjadi menurun.

Oleh karena itu, lanjutnya, pertemuan seminar-seminar seperti ini perlu diadakan secara bersama-sama antar pengda dengan MPD lain. Sebagaimana diketahui bahwa Jawa Timur baru saja kedatangan anggota/Notaris baru yang dilantik sebanyak 257 Notaris.

“Jadi saudara kita semakin banyak tapi jangan merasa bersaing. Rejeki Allah sudah ada yang mengatur, hukum alam saja, sepanjang kita bisa memberikan pelayanan yang baik tentunya pasti rejeki kita akan datang,” Ungkap Henny biasa di sapa.

Baca Lainnya:  Hilangnya Peran Notaris Dalam Pendirian PT UMKM

Dirinya juga menyampaikan kepada Notaris baru untuk segera melaporkan, memberikan laporan kepada MPD, pengwil maupun pengda masing-masing tentang kantornya, contoh stempelnya, map-map surat, kop surat, dan lain sebagainya yang secara formal sudah diatur oleh UUJN.

Nara Sumber Sesi 2

Sedangkan Ketum PP INI, Yualita menyampaikan apresiasi baik untuk pengwil jatim maupun pengda yang sudah menyelenggarakan acara yang bagus ini untuk anggota. Karena bagaimana pun INI ingin ada pemerataan keilmuan, baik ditingkat pusat, wilayah, maupun pengda-pengda. Sehingga Notaris semua merasakan hadirnya organisasi sampai di tingkat pengda.

“Satu hal yang ingin saya sampaikan bahwa tahun 2022 tentunya kita berharap, kita semua lebih kompak lagi, kita semua lebih meningkatkan kebersamaan kita, mengingat tantangan di luar, dinamika di luar yang luar biasa, kita ketahui beberapa rekan-rekan yang sudah terkena masalah tidak semuanya karena kelalaian, tidak semuanya pelanggaran, tapi juga ada miskomunikasi. Oleh karena itu dengan hadirnya perkumpulan baik pengda, pengwil, maupun PP sangat membantu rekan-rekan anggota/Notaris,” Terang Yualita.

Satu hal yang menjadi PR dalam waktu dekat, lanjutnya, pengwil jatim INI akan melaksanakan bekerjasama dengan Polda Jatim. Yang nantinya akan dilanjutkan dengan semua pengda yang ada sehingga nanti sampai tingkat polres maupun tingkat polsek mempunyai pemerataan pemahaman MoU INI dengan POLRI, seperti adanya penangguhan penahanan, kemudian adanya pemeriksaan atau pemanggilan tidak harus datang ke kantor polisi selama berjam-jam sebagai saksi atau lain sebagainya. Namun bisa menghadirkan kepolisian untuk datang ke kantor atau melalui email di dalam MoU itu.

Narasumber Sesi 3

Selaku ketua panpel acara, Misbah Imam Soleh Hadi, SH.,MKn., mengatakan jumlah peserta yang hadir hampir 200 orang dan yang online lebih dari 150 peserta. Dengan Narasumber sesi 1, Alwesius, SH., MKn.dan Taufik, SH., SpN, MKn., dengan narasumber Misbah Imam Subari, SH., M.Hum.

Baca Lainnya:  Rapat Pengda INI Lamongan Tetap Terlaksana Demi Rumusan Kerja Pengurus

Disesi 2 Firdhonal, SH., Dr. I Made Pria Dharsana, SH., MHum., dan secara online Dr. Pieter Latumenten SH MH SpN., dengan moderator Muti’atul Khasanah, SH, M.Kn (ketua pengda Jember).

Disesi 3 Dr. Subianta Mandala, SH., LLM., selaku Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM selain memberi sambutan mewakili kakanwil Jatim sekaligus memberi paparaan materi mengenai MPW Notaris. Dilanjutkan, Kepala bidang pelayanan hukum kanwil kemenkumham jatim, Mustiqo Vitra A., SIP, MSi, MH., Wakil MPWN Jatim, Machfud Fauzi, SH., MPD Banyuwangi, Prof. Dr. Dominikus Rato, SH., MSi., dan Rudi Mulyono, SH., MKn., dengan moderator Justiana, SH., (Ketua Pengda INI Surabaya). (DN/Red)

Bagikan Ke

admin
the authoradmin
error: Dilarang Copas !!