BeritaDaerah

Pembekalan dan Pelatihan Koperasi Sekaligus Penandatanganan Prasasti Koperasi INI-IPPAT Jemesbond Sejahtera

Peresmian Pembekalan dan Pelatihan Koperasi serta Penandatanganan Prasasti Pendirian Koperasi Jemesbond Sejahtera

Bagikan Ke

Jember, halonotariat.id – Pengurus Daerah (Pengda) Jember Bersama Bondowoso (Jemesbond) Ikatan Notaris Indonesia (INI) menyelenggarakan Pembekalan dan Pelatihan Notaris Pembuat Akta Tanah (NPAK,) Sekaligus Penandatanganan Prasasti untuk Koperasi baru INI-IPPAT Jemesbond Sejahtera di Convention Centers Hotel Aston Jember pada hari Sabtu (12/2/2022).

Ketua Pengda Jemes Bond, Mutiatul Khasanah, SH., menyampaikan Latar belakang diselenggarakannya acara ini. Dijelaskannya pada akhir Desember lalu pengda Jemesbond bersama para NPAK di Jember mengadakan rapat koordinasi terkait dengan pelayanan Notaris yang ada di Kab. Jember mengenai koperasi, baik itu pendirian atau perubahan anggaran dasar koperasi.

Ketua INI Pengda JemesBond (tengah membawa Prasasti)

Karena ada kritikan membangun dari Dinas, maka lanjutnya kewajiban Pengda sebagai organisasi harus mengupgrade lagi ilmu para Notaris, supaya bisa mempunyai bekal untuk melayani masyarakat lebih baik lagi. Selain itu Jemesbond juga kedatangan Notaris baru yang bertugas di jember dan Bondowoso sehingga menjadi kesempatan mempunyai bekal keilmuan tentang Koperasi.

“ Hari ini kami belajar tentang koperasi, kenapa kita tidak praktek untuk mempunyai koperasi sendiri,” terang Muti’atul. Dari Latar belekang itu jugalah di ceritakannya untuk melangkah belajar tentang Koperasi. Dari pemikiran itu Pengda Jemesbond sepakat dengan rapat anggota dan sosialisasi bersama Dinas Koperasi, akhirnya tepat pada tanggal 2/2/2022 didirikan Koperasi INI-IPPAT Jemesbond Sejahtera.

Diharapkannya  bisa membangkitkan semangat rekan-rekan Jemesbond untuk berorganisasi, bersilaturahmi dan mempunyai kegiatan – kegiatan positif yang menghasilkan. Karena menurutnya koperasi adalah gotong royong, kerja ikhlas dari anggota untuk anggota dan oleh anggota untuk kesejahteraan semua anggota.

Dengan pendirian Koperasi baru Jemesbond Sejahtera, maka Ketua Pengwil Jatim INI diminta menandatangani prasasti yang disediakan sebagai bentuk pengawasan dan mengingatkan akan semangat anggota. Agar koperasi ini tidak hanya didirikan saja, tapi juga harus dikerjakan, karena tujuannya untuk kesejahteraan semua anggota.

Baca Lainnya:  Maber Pengwil Jatim INI Selalu Banyak Peserta, Patuhi Kode Etik dan UU Jabatan Notaris
ketua, Siti Anggraeni Hapsari dan Pengurus harian Pengwil Jatim INI

Sementara itu, Ketua Pengwil Jatim INI, Siti Anggraeni Hapsari, SH., MH., (SAH) dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara pada hari ini adalah agenda yang sangat penting bagi para Notaris.

Para Notaris lama memang perlu untuk mengupgrade segala ilmu yang berkaitan yang dengan koperasi Dimana koperasi ini sekarang diberikan wadah yang luar biasa sangat baik oleh pemerintah, sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan UMKM. Kemudian untuk perijinan-perijinan untuk Koperasi juga diperlukan.

Koperasi  sendiri juga  lanjutnya sudah memperoleh kesempatan yang besar dari pemerintah. Termasuk anggaran untuk koperasi telah meningkat di tahun 2020-2021 yang bisa diserap oleh koperasi. Koperasi juga diberikan wadah yang cukup baik, tidak hanya koperasi komsumtif, koperasi produktif, tetapi juga diberikan ruang dan wadah untuk mengikuti  jasa-jasa kepentingan pemerintah daerah setempat.

Kemudian menurut SAH, Pengda Jember dan Bondowoso menjadi pioner, dengan mendirikan koperasi INI-IPPAT Jemesbond Sejahtera. Didirikan di tanggal yang sangat cantik 02-02-2022 dan aktanya juga ditandatangani jam 2. Mudah-mudahan harapannya juga bisa diikuti oleh follower-follower lain atau Pengda – Pengda lain juga akan bisa membuat koperasi-koperasi yang tentunya akan membawa amanah organisasi yang bermanfaat untuk para anggota.

Tentunya itu lanjut SAH sesuai dengan salah satu AD dari organisasi (INI) yaitu mensejahterakan anggota. Nantinya keperluan-keperluan anggota bisa diperoleh dari koperasi daripada untungnya diberikan kepada orang lain. Seperti kebutuhan Alat Tulis Kantor (ATK), kemudian sarana kantor seperti Laptop, Kalkulator, mesin ketik dan lain-lain. Bahkan bisa menyediakan Handphone (HP) bagi anggota, karena HP sekarang ini sudah merupakan kebutuhan primer dan mungkin bisa nyicil di Koperasi.

“Sekali lagi saya mengucapkan Selamat atas penyelenggaraan acara dan Koperasi barunya, hari ini prasasti itu semoga tidak berhenti di prasasti saja, akan tetapi menjadi pengingat-ingat untuk semangat agar koperasi yang sudah didirikan  bisa berjalan sebagaimana tujuan utama,” tutup SAH mengakhiri sambutannya.

Baca Lainnya:  Pengda Banyuwangi INI bersama MPD Meningkatkan Profesionalisme Jabatan Notaris
dari kiri Ketuwil Jatim INI, Asisten 3 Bupati Jember dan pengurus harian Pengwil Jatim serta para Peserta Pembekalan dan Pelatihan Koperasi

Dikesempatan yang sama, Assisten 3 Pemkab Jember, Ruslan Abdul Gani, mewakili dan membacakan sambutan tertulis Bupati Jember. Akta koperasi yang dibuat oleh Notaris sangat penting karena memberikan kepastian hukum bagi koperasi dalam melaksanakan kegiatan sesuai  AD/ART nya. Selain itu pendirian koperasi diharapkan sesuai dengan aturan yang ada dan bisa meningkatkan peran para pelaku koperasi.

Perlu disadari juga peranan Notaris tidak hanya terkait dengan pembuatan akta pendirian koperasi saja. Namun juga dalam kegiatan-kegiatan koperasi yang lainnya, diharapkan dapat membantu memberikan nasehat untuk perkembangan koperasi ke depannya. Notaris dapat membuat akta-akta komprehensif secara utuh, sehingga para anggota koperasi dapat lebih terarah dalam membangun koperasi tersebut. Oleh karena itu akta koperasi yang dibuat oleh notaries dapat memberikan hal positif di dalam perkumpulan dan perkembangan koperasi.

Dengan adanya koperasi berkualitas maka tentunya  dapat mempengaruhi kepercayaan stakeholder koperasi dan juga masyarakat sebab koperasi memiliki misi pemerataan dan keadilan ekonomi terhadap yang merupakan tugas utama dari koperasi yang tidak dimiliki oleh lembaga atau badan usaha lainnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya bupati menitipkan pesan kepada para pembuat akta koperasi untuk memberikan kemudahan  bagi koperasi-koperasi yang akan mengurus badan hukum.

Paduan Suara Pengda INI Jemesbond

Ketua Panitia Pelaksana acara, Yonas Dominiko Wattie, SH., M.Kn., melaporkan peserta yang mengikuti acara tersebut sebnayak 157 peserta yang  bukan hanya dari jember dan Bondowoso saja. Melainkan ada yang dari Bali dan daerah lainnya. Adapun Narasumber  yang memaparkan materi dalam kegiatan kali ini adalah Deputi Kementerian Koperasin & Usaha Kecil & Menengah RI, Ahmad Zabadi dan Notaris Yulistya Adi Nugraha, SH., M.Kn dengan materi Pendirian, Perubahan AD Koperasi dan Sistem AHU online. (AF/DN)

admin
the authoradmin
error: Dilarang Copas !!