BeritaNasional

P3 RP3YD Meningkatkan Kualitas Notaris dan Memajukan Ilmu Hukum

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, bersama Pengurus Perkumpulan INI

Bagikan Ke

Kota Batu, halonotariat.id – Pembekalan dan Penyegaran Pengetahuan (P3) dalam serangkaian kegiatan upgrading RP3YD yang di laksanakan selama 2 hari (18-19 November 2021), masih di lokasi Ballroom Singhasari Resort Kota Batu Jawa Timur dengan Materi yang sama.

Dalam sambutan pembukanya, Ketua Umum, Yualita Widyadhari, SH., MKn, CIIB, mengatakan acara pembekalan hari ini (18/11/2021) dengan tema peningkatan peran dan kualitas Notaris serta sinergi antara pemerintah dan lembaga-lembaga pemerintah serta Notaris dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di era globalisasi.

Ketua Umum, Yualita Widyadhari, SH., MKn, CIIB memberikan sambutan

Ditambahkannya satu hal yang perlu diketahui, “kenapa hari ini kita sangat berkepentingan untuk mengundang Menteri Koperasi dalam hal ini diwakili bapak Deputi?”.

Sebagaimana diketahui, kejadian akhir – akhir ini yaitu pinjol (pinjaman online) yang saat ini sedang diteliti lagi oleh pihak-pihak berwajib, perihal perijinan dan lain-lainnya, karena banyak yang telah meresahkan masyarakat.

Ternyata menurut Yualita di dalam situ ada oknum bukan Notaris, tapi oknum yang mungkin secara tidak sengaja atau sengaja, mereka menjebak beberapa Notaris. Sehingga disitu ada beberapa yang melibatkan Notaris di dalam pinjol tersebut. Artinya dalam hal pendirian koperasi yang dimanfaatkan atau disalahgunakan oleh oknum – oknum tersebut, dengan menyertakan Notaris.

Oleh karena itu lanjutnya, dalam kesempatan ini kenapa mengundang Kementerian Koperasi?, karena penting untuk mendengar langsung dari Kementerian Koperasi, dan juga untuk lebih mawas diri serta lebih hati-hati. Apabila ada orang-orang yang menghadap Notaris untuk mendirikan koperasi.

“kita harus ingat pendirian koperasi harus sesuai dengan syarat-syarat yang sudah ditentukan dan itu yang harus kita sikapi dengan betul,” ujar Yualita.

Masih kata Yualita, Agenda perkumpulan RP3YD, P3 itu sudah di lakukan secara periodik, sejak pengurusan awal yang taat Azas dan ingin INI kedepan semakin jaya serta memberikan manfaat kepada seluruh anggotanya.

Baca Lainnya:  SERBA SERBI YAYASAN

Sesuai dengan tema, bagaimana mensinergikan kepentingan pemerintah dan juga kepentingan perkumpulan INI, lanjutnya penyelenggaraan P3 ini sebagai tujuan organisasi untuk memajukan ilmu hukum pada umumnya dan ilmu Pengetahuan dan Kenotariatan.

Kemudian menjaga kerukunan Martabat Jabatan Ikatan Notaris dan meningkatkan mutu kualitas Notaris, selaku pejabat umum dalam rangka pengabdian pada Nusa, Bangsa dan Negara dan terutama kepada Tuhan YME.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop dan UKM), Teten Masduki, dalam sambutan virtualnya menjelaskan bahwa permasalahan pinjol ilegal dengan kedok pendirian koperasi merupakan permasalahan yang membutuhkan sinergi. Untuk itu, dalam acara ini ditandatangani nota kesepahaman antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan INI.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, dalam sambutannya menyampaikan permintaan maaf atas repotnya perizinan serta penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat sehingga acara ini jadi mundur. Hal ini disebabkan karena protokol kesehatan wajib ditegakkan agar dapat melindungi peserta dan masyarakat Kota Batu dari Covid-19.

Pemateri P3 RP3YD

Materi P3 yang telah disusun pada hari ini (18/11/2021) dan besok (19/11/2021), antara lain meliputi Kedudukan Akta Notaris Dalam Perspektif Pembuktian Hukum Pidana, Sosialisasi PT Perseorangan dan UMKM, Perubahan Hukum Acara Perdata Dalam Perspektif UU Jabatan Notaris, MoU antara POLRI – Kejagung dan INI dalam rangka penegakan hukum Nasional serta Penegakan Harkat dan Martabat Notaris. (AF/DN)

Bagikan Ke

admin
the authoradmin
error: Dilarang Copas !!