NasionalOpini

Ketelitian Terhadap Pembuatan Akta Yayasan Tandingan

Indra Iswara SH., M.Kn,

Indra Iswara SH., M.Kn,

Bagikan Ke

halonotariat.id – Dari studi sebuah kasus Gugatan yang dilayangkan pada Sebuah Pengadilan Negeri, perihal Gugatan Yayasan B terhadap Yayasan A tentang Perbuatan Melawan Hukum dapat ditarik suatu analogi pemikiran hukum diantaranya :

1. Bahwa Yayasan A didirikan berdasarkan akta pendirian dibuat dihadapan Notaris X sampai dengan perubahan yang terakhir sesuai dengan pernyataan keputusan rapat Pembina Yayasan A dibuat dihadapan Notaris XY, akta telah terdaftar di KEMENTRIAN HUKUM dan HAM.

2. Bahwa dalam Pendirian yayasan dapat dilakukan oleh satu orang atau lebih (“orang” di sini dapat berarti perseorangan ataupun badan hukum), dengan memisahkan sebagian harta kekayaan pendirinya sebagai kekayaan awal. Pasal 9 ayat (1) dan Penjelasan Pasal 9 ayat (1) UU Yayasan.

3. Bahwa Dasar pendirian yayasan ini dapat berupa kesepakatan para pendiri yayasan untuk melakukan kegiatan sosial,keagamaan, dan kemanusiaan ataupun dapat berdasar kepada suatu surat wasiat. Pasal 9 ayat (1) jo Pasal 9 ayat (3) dan Pasal 1 angka 1 UU Yayasan.

4. Proses pendirian Yayasan A sendiri dilakukan dengan akta notaris dan dibuat dalam bahasa Indonesia sesuai Pasal 9 ayat (1) UU Yayasan, Berdasarkan akta pendirian Notaris X sampai dengan perubahan yang terakhir sesuai dengan pernyataan keputusan rapat Pembina Yayasan A dibuatdihadapan Notaris XY.

5. Bahwa Status badan hukum bagi yayasan baru timbul setelah akta pendirian yayasan memperoleh pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, dengan terdaftarnya Yayasan A di Kementerian hukum dan HAM maka Yayasan tersebut adalah SAH menjadi badan Hukum.

6. Bahwa yang berhak mewakili Yayasan dalam urusan di Pengadilan adalah Pengurus Yayasan, dimana Pengurus adalah organ yayasan yang melaksanakan kepengurusan yayasan sesuai (Pasal 31 ayat 1) UU Yayasan, dan bertanggungjawab penuh atas kepengurusan yayasan untuk kepentingan dan tujuan yayasan serta berhak mewakili  di dalam dan di luar pengadilan (Pasal 35 ayat 1)  yayasan.

Baca Lainnya:  Rapat Gabungan dan Koordinasi Pengwil Jatim Berharap Bisa Duduk Bersama “Save INI”

7. Bahwa Terkait asset yang menjadi obyek gugatan Yayasan B (Yayasan Tandingan) sesuai dengan Sertipikat hak Milik (Wakaf) adalah merupakan asset Yayasan A,Kekayaan Yayasan A berasal dari sejumlah kekayaan yang dipisahkan dalam bentuk uang atau barang. Selain kekayaan tersebut, kekayaan Yayasan A memperoleh dari:
a. sumbangan atau bantuan yang tidak mengikat;
b. wakaf;
c. hibah;
d. hibah wasiat; dan
e. perolehan lain yang tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar Yayasan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Demikian berdasarkan Pasal 26 ayat (1) dan (2) UU 16/2001 Tentang Yayasan, Maka asset tersebut diatas adalah sah milik Yayasan A.

8. Bahwa di dalam asset yang dimiliki oleh Yayasan A yang berupa satuan-satuan Pendidikan dan bangunan-bangunan atau Gedung serta sarana dan prasarana Penunjang kegiatan Yayasan A adalah sah demikian berdasarkan Pasal 40 UU Yayasan dimana diperoleh dengan cara Hibah, yang berdasarkan akta Hibah yang dibuat dihadapan Notaris berdasarkan Keputusan rapat para Pendiri Yayasan A yang telah di buatkan aktanya.

9. Bahwa pada poin 7, Gugatan masih kabur karena bukti kepemilikan asset yang menjadi obyek gugatan Yayasan tandingan yaitu Yayasan B belum jelas.

10. Bahwa Suatu pendaftaran tanah itu harus melalui ketentuan-ketentuan yang sangat teliti dan terarah sehingga tidak mungkin asal saja karena pendaftaran tanah itu mempunyai suatu prosedur dalam pelaksanaannya, serta ada syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pendaftaran tanah itu, lebih-lebih pendaftaran tanah itu tidak saja mempunyai tujuan agar diterbitkannya bukti pendaftaran tanah saja, berupa sertipikat hak atas tanah yang kemudian dianggap sebagai sesuatu yang sudah benar, tetapi masih harus melihat masalah-masalah materil yang ada disetiap hak tersebut, sehingga sedapat mungkin adanya gugatan dari dari orang-orang yang merasa lebih baik dan berhak atas objek yang digugat.

Baca Lainnya:  Menteri ATR/Kepala BPN Serahkan Sertipikat Tanah Wakaf di Kalsel, Beri Rasa Aman bagi Masyarakat

11. Bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 yang menentukan bahwa : Pejabat Umum Akta Tanah, selanjutnya disebut PPAT adalah Pejabat Umum yang diberi kewenangan untuk membuat akta otentik mengenai perbuatan hukum tertentu. Mengenai hak atas tanah atau hak milik, Maka asset tersebut diatas adalah sah milik Yayasan A.

12. Bahwa ditemukannya adanya Dokumen yang palsu yaitu Domisili maka Akta yang dibuat oleh yayasan B batal atau batal demi hukum atau mempunyai kekuatan pembuktian sebagai akta di bawah tangan, terjadi karena tidak dipenuhinya syarat-syarat yang sudah ditentukan menurut hukum, tanpa perlu adanya tindakan hukum tertentu dari yang bersangkutan yang berkepentingan.

13. Bahwa Secara umum memang perjanjian dianggap sah oleh kedua belah pihak sesuai pasal 1338 termasuk surat kuasa di bawah tangan. Tetapi dari perspektif keotentikan satu akta mempunyai suatu kelemahan karena surat kuasa di bawah tangan tersebut hanya berlaku bagi kedua belah pihak. Tetapi bilamana ada gugatan atau intervensi dari pihak lain, maka kuasa di bawah tangan tersebut akan menjadi masalah. Terkait dengan surat kuasa di bawah tangan sebagai suatu akta Pendirian Yayasan yang merupakan alat bukti, maka kalau hanya di bawah tangan akta tersebut mempunyai kelemahan dari proses pembuktian. Tetapi terkait dengan adanya suatu akta sebagai alat pembuktian, maka kedudukan surat kuasa di bawah tangan sangat lemah dan tidak memiliki kepastian hukum. Syarat tentang surat kuasa di bawah tangan dianggap mempunyai kekuatan hukum dalam suatu akta harus tetap mengacu pada pasal 1880 KUHPerdata yang menyatakan selama akta tersebut dibubuhi pernyataan dan tanda tangan, maka mempunyai kekuatan. Itulah sebabnya untuk kepastian hukum akta di bawah tangan tersebut harus mendapat legitilasi dari notaris yang akan mengalihfungsikan akta tersebut menjadi akta otentik yang mempunyai kekuatan pembuktian di pengadilan apabila terjadi kasus atau gugatan terhadap perjanjian atau Pendirian yayasan tersebut. Demikian juga dengan akta pendirian Yayasan B dihadapan Notaris yang berdasarkan kuasa dibawah tangan mempunyai kelemahan dan cacat hukum.

Baca Lainnya:  Yasonna : Notaris Sebagai Pintu Pencegahan TPPU dan TPPT

14. Bahwa Yayasan yang belum menyesuaikan perubahan anggaran dasarnya yaitu yayasan B bukan merupakan badan hukum dan aktanya batal demi hukum menurut pasal 71 ayat 4 UU Yayasan. Menentukan yayasan yang bersangkutan tidak dapat menggunakan kata ‘Yayasan’ di depan namanya dan dapat dibubarkan berdasarkan putusan Pengadilan atas permohonan Kejaksaan atau pihak yang berkepentingan.

Kesimpulan:
1. Aset Yayasan tetap sah milik Yayasan A.
2. Akta pendirian Yayasan B yang dibuat dihadapan Notaris yang berdasar kuasa dibawah tangan mempunyai kelemahan dan cacat hukum serta batal demi hukum. Pendirian Yayasan dimana ada salah satu syarat yang palsu maka menyebabkan aktanya BATAL DEMI HUKUM.

Notaris harus selalu mengacu pada peraturan yang berlaku terhadap pendirian yayasan, janganlah melakukan anti teori atas teori yang sudah termaktub dalam peraturan.

Indra Iswara SH., M.Kn,

Bagikan Ke

admin
the authoradmin

36 Komentar

  • Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it. Look advanced to far added agreeable from you! However, how can we communicate?

  • Good site you’ve got here.. It’s difficult to find
    high quality writing like yours these days. I honestly appreciate
    individuals like you! Take care!!

  • Thanks for finally talking about > Ketelitian Terhadap Pembuatan Akta Yayasan Tandingan – Halonotariat.id < Loved it!

  • Helpful information. Fortunate me I discovered
    your site unintentionally, and I’m stunned why this twist of fate did not took place earlier!

    I bookmarked it.

  • Link exchange is nothing else but it is just placing the
    other person’s weblog link on your page at suitable place and other person will also do similar for you.

  • If some one needs expert view regarding blogging and
    site-building afterward i propose him/her to pay
    a quick visit this web site, Keep up the fastidious job.

  • Heya i am for the first time here. I found this board and I to find
    It truly useful & it helped me out much. I’m hoping to present one thing back and help others
    such as you aided me.

  • Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you writing this write-up and the rest of the site is really good.

  • Thank you for the good writeup. It in fact used to be a
    leisure account it. Look complex to more brought agreeable from you!

    However, how can we be in contact?

  • Wow, marvelous blog format! How long have you ever been blogging
    for? you make running a blog glance easy. The overall glance of your website is fantastic,
    let alone the content material! You can see similar here najlepszy sklep

  • Everything is very open and very clear explanation of issues. was truly information. Your website is very useful. Thanks for sharing.

  • Hi there! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be okay. I’m definitely enjoying your blog and look forward to new posts.

  • Wonderful website. A lot of helpful information here. I am sending it to some friends ans also sharing in delicious. And obviously, thanks in your effort!

  • I have been exploring for a little bit for any high-quality articles or blog posts on this kind of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this site. Reading this info So i’m happy to convey that I have a very good uncanny feeling I discovered exactly what I needed. I most certainly will make certain to don’t forget this web site and give it a look on a constant basis.

  • I don’t think the title of your article matches the content lol. Just kidding, mainly because I had some doubts after reading the article.

  • You really make it appear really easy along with your presentation but I to find this matter to be actually one thing which I believe I’d by no means understand. It sort of feels too complicated and extremely wide for me. I’m taking a look forward for your next publish, I will attempt to get the hang of it!

  • What is ProDentim? ProDentim is an innovative oral care supplement with a unique blend of ingredients designed to promote better oral and dental health

  • Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I provide credit and sources back to your blog? My blog is in the very same area of interest as yours and my users would definitely benefit from some of the information you provide here. Please let me know if this okay with you. Appreciate it!

  • Hmm is anyone else experiencing problems with the images on this blog loading? I’m trying to figure out if its a problem on my end or if it’s the blog. Any feed-back would be greatly appreciated.

  • Howdy! Someone in my Myspace group shared this website with us so I came to take a look. I’m definitely loving the information. I’m bookmarking and will be tweeting this to my followers! Fantastic blog and great style and design.

  • wonderful post, very informative. I wonder why the other experts of this sector don’t notice this. You should continue your writing. I am sure, you have a huge readers’ base already!

Tinggalkan Balasan

error: Dilarang Copas !!